Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menjalani pemeriksaan kesehatan setelah Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari P Batubara akan menjalani tes COVID-19 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Senin.

"Tapi jamnya masih menunggu," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Tes tersebut untuk memastikan kondisi Mensos setelah sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif COVID-19 seperti diumumkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Sabtu (14/3) malam.

Budi Karya diidentifikasi sebagai pasien 76 yang positif COVID-19 di Indonesia. Saat ini ia menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Pratikno mengatakan saat ini, kondisi Budi Karya sudah membaik.

Baca juga: COVID-19, kenali dan hadapi bersama

Baca juga: Wapres Ma'ruf dinyatakan negatif dari COVID-19

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menjalani pemeriksaan kesehatan setelah Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Terakhir kali Budi Karya terlihat menghadiri rapat di Istana Kepresidenan Jakarta adalah pada Rabu, 11 Maret 2020.

Hingga Minggu (15/3) siang juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyatakan jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia sebanyak 117 orang.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan Sabtu (14/3), yang terdata 96 orang positif COVID-19 di Indonesia dengan korban meninggal 5 orang dan jumlah yang sudah sembuh 8 orang. Mereka tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bali, Manado, Pontianak.

Terkait kondisi tersebut, Presiden Joko Widodo meminta agar masyarakat Indonesia bekerja, belajar, dan beribadah di rumah karena masifnya penyebaran penyakit saluran pernafasan yang disebabkan virus corona jenis baru (COVID-19).

"Dengan kondisi ini saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah inilah saatnya bekerja bersama-sama saling tolong menolong dan bersatu padu, gotong royong. Kita ingin ini menjadi gerakan masyarakat agar masalah COVID-19 ini tertangani dengan maksimal," kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu.

Baca juga: DPR: pemerintah optimalkan Gugus Tugas penanggulangan COVID-19

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020