Itu sebabnya saya memiliki keyakinan besar bahwa kita akan memajukan Meksiko kita tercinta; kemalangan, pandemi, mereka tidak akan berdampak apa pun pada kita, lupakan saja
Mexico City (ANTARA) - Kementerian Kesehatan Meksiko melaporkan lebih banyak kasus virus corona pada Minggu (15/3), dan mendesak orang-orang untuk menjaga jarak untuk menghindari infeksi, bahkan ketika presiden tampil di depan publik, bersalaman dan memeluk puluhan orang.

Berbeda dengan Amerika Serikat dan Amerika Tengah, Meksiko belum memberlakukan pembatasan perjalanan yang signifikan untuk memerangi virus corona. Sebaliknya, negara itu memilih pendekatan yang tidak terlalu mengganggu.

Namun, pada Sabtu (14/3), para pejabat di kementerian kesehatan mulai meningkatkan langkah-langkah yang bertujuan untuk mengendalikan diri, menetapkan inisiatif yang dikenal sebagai Sana Distancia (jarak sehat) untuk mendorong masyarakat agar tidak saling menulari.

Kementerian Kesehatan mengatakan program Sana Distancia akan berlaku selama empat minggu mulai 23 Maret karena pemerintah memutuskan liburan Paskah akan dilaksanakan lebih cepat agar sekolah-sekolah tutup lebih awal.

"Ini adalah social distancing, untuk menjaga kita tetap sehat," Ricardo Cortes, seorang pejabat kementerian kesehatan mengatakan dalam konferensi pers pada Minggu malam.

Baca juga: Kasus baru corona muncul di Negara Bagian Meksiko, Coahuila
Baca juga: Kasus corona di Meksiko terjadi pada tiga warga yang kunjungi Italia


Ia juga mengumumkan jumlah infeksi virus corona di Meksiko telah meningkat menjadi 53 dari 41 sehari sebelumnya.

Sementara itu, Presiden sayap kiri Andres Manuel Lopez Obrador melanjutkan jadwal pertemuan publik di sekitar Meksiko pada akhir pekan, dengan berkeliling di kota-kota di negara bagian barat daya Guerrero.

Beberapa kritikus dan ahli kesehatan menyuarakan kekhawatiran mereka melihat presiden memeluk pendukung dan mencium anak-anak mereka pada Sabtu (14/3), dengan alasan presiden telah memberikan contoh yang buruk.

Pada Minggu (15/3), Lopez Obrador berjabat tangan dengan puluhan orang di sebuah rapat umum di kota Marquelia, merangkul banyak orang lain saat mereka berusaha berswafoto.

Berbicara dalam dua pertemuan publik, Lopez Obrador tidak merujuk langsung ke virus ketika ia menyerang para kritikus. Ia memberi tahu orang-orang di Marquelia saat-saat ketika lawannya dari kelompok konservatif bisa menipu publik.

"Itu sebabnya saya memiliki keyakinan besar bahwa kita akan memajukan Meksiko kita tercinta; kemalangan, pandemi, mereka tidak akan berdampak apa pun pada kita, lupakan saja," kata presiden.

Kemudian, dalam video yang diunggah di Twitter, ia memuji keindahan pantai Pasifik, sambil tertawa dan bercanda dengan penduduk setempat.

Sumber: Reuters

Baca juga: Liga Meksiko ditangguhkan karena virus corona
Baca juga: Festival musik di Meksiko tetap diadakan meski ada pandemi corona

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020