Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskadar, Senin siang, melepas jenazah anggota Komisi I dari Fraksi PDI Perjuangan, Sutradara Gintings, sebelum dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Pelepasan jenazah Sutrada Gintings dihadiri sejumlah anggota DPR lainnya, termasuk Yuddy Chrisnandy dari Fraksi Partai Golkar dan Ketua Fraksi PDIP Tjahjo Kumolo. Ketua MPR Hidayat Nurwahid juga hadir.

Muhaimin menyatakan, DPR RI sangat kehilangan anggotanya yang berbobot dalam menjalankan tugasnya. Sutradara Gintings tidak saja berbobot, tetapi menjalankan praktik politik secara santun. "Kita sangat kehilangan," katanya.

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sutradara Gintings meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Jakarta, Minggu (22/3) dinihari sekitar pukul 00.25 WIB.

Sutradara Gintings yang juga Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan meninggal akibat penyakit jantung. Sebelum meninggal, almarhum sempat dilarikan ke rumah sakit itu, Sabtu (21/3) pukul 20.00 WIB.

Di dunia politik, Sutradara Gintings semula dikenal sebagai Anggota Fraksi Karya Pembangunan (FKP) semasa Orde Baru. Sutradara yang menempuh pendidikan tinggi di Yogyakarta pernah menjadi Anggota DPRD Yogyakarta pada 1977-1987 sebelum sebagai pengurus DPP Golkar.

Di awal era reformasi, Sutradara Gintings kemudian bergabung ke Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Di partai ini, pada periode 1999-2004 Sutradara menjadi anggota DPR RI di Fraksi Kesatuan dan Kebangsaan Indonesia (FKKI).

Untuk Pemilu 2004, Sutradara Gintings bergabung dengan PDI Perjuangan dan kembali menjadi Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI untuk masa bhakti 2004-2009. DPP PDI Perjuangan menempatkan Sutradara sebagai anggota Komisi I yang membidangi masalah pertahanan, informasi dan luar negeri.

Sutradara yang juga seorang doktor di bidang ilmu politik ini, dikenal sebagai politisi yang menguasai persoalan yang menjadi lingkup tugas Komisi I DPR. (*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009