Pangkalan Bun (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, sedang merawat dan mengisolasi seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terindikasi virus corona (COVID-19).

Rumah sakit menyampaikan informasi, bahwa telah merawat satu pasien yang terkategorikan PDP, kata Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat (Kobar) Achmad Rois di Pangkalan Bun, Senin.

"Pasien berjenis kelamin laki-laki tersebut memiliki keluhan sakit, demam, batuk dan sesak nafas," ucap Rois.

Baca juga: Antisipasi Corona, RSUP Adam Malik batasi temu pers tatap muka
Baca juga: Dikes Gorontalo kirim spesimen seorang pasien ke Litbangkes


Saat ini pasien dalam perawatan dan penanganan di Ruang Isolasi RSUD Sultan Imanuddin karena yang bersangkutan baru pulang dari daerah pandemik (terjangkit) yaitu Jakarta.

Lebih jauh Rois menjelaskan, saat ini Kotawaringin Barat tengah melakukan suatu sistem kewaspadaan dini dan respon yang baik, sehingga siapapun masyarakat yang ada di Kotawaringin Barat yang memiliki tanda tanda gejala COVID-19, segera ditangkap oleh sistem untuk dilakukan tata laksana guna suatu kewaspadaan.

"Dari rangkaian sistem tersebut, kemarin berdasarkan laporan dari direktur rumah sakit terkait satu orang PDP sudah kita tata laksana sesuai standar," ucap Rois.

Kemudian di masyarakat, Dinkes Kobar langsung melakukan pelacakan dan penyelidikan untuk mengetahui siapa saja yang telah melakukan kontak erat dengan PDP tersebut.

Sebelumnya, RSUD Sultan Imanuddin juga sempat merawat dua orang pasien dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang memiliki riwayat baru pulang dari ibadah umroh. Yang mana setelah dilakukan perawatan dan observasi penyakitnya, hasilnya negatif COVID-19.

Baca juga: Dompet Dhuafa luncurkan aksi Cekal COVID-19
Baca juga: Terkait COVID-19, Sekjen DPR belum pastikan opsi perpanjang masa reses

Pewarta: Kasriadi/Hendri Gunawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020