RSUP M Djamil Padang masih periksa penumpang pesawat asal Malaysia

RSUP M Djamil Padang masih periksa penumpang pesawat asal Malaysia

Direktur SDM Umum dan Pendidikan RSUP M Djamil Padang Dovy Djanas. ANTARA/Laila Syafarud

kita masih menunggu hasil uji laboratorium
Padang (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat masih melakukan pemeriksaan terhadap pasien yang merupakan penumpang pesawat asal Malaysia karena mengalami sesak napas dan demam.

Direktur SDM Umum dan Pendidikan RSUP M Djamil Padang Dovy Djanas, di Padang, Senin mengatakan sampai saat ini tim medis masih melakukan pemeriksaan terhadap pasien.

"Gejala penyakit yang diderita pasien berupa batuk, pilek, demam, sesak napas, dan memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri yaitu Malaysia," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan sampai saat ini pasien tersebut belum bisa dipastikan suspect MERS-CoV ataupun COVID-19, karena masih dilakukan pemeriksaan.

"Apakah pasien sudah bisa pulang atau dirawat masih belum bisa dipastikan. Karena tim medis masih melakukan pemeriksaan," katanya.

Baca juga: Penumpang pesawat asal Malaysia dilarikan ke RSUP M Djamil Padang
Baca juga: Ceramah Isra' Mi'raj UAS di Padang Panjang batal antisipasi COVID-19


Ia juga menyebutkan sampai saat ini terdapat tujuh pasien di RSUP M Djamil Padang yang sedang diisolasi, empat orang dicurigai MERS-CoV dan tiga orang lainnya dicurigai COVID-19.

Lebih lanjut ia mengatakan tim medis RSUP M Djamil Padang telah melakukan pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan yang sudah dikirim ke Litbangkes.

"Namun kita masih menunggu hasil uji laboratorium, termasuk satu pasien yang meninggal kemarin," kata dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan empat pasien lagi masih dilakukan pemeriksaan dan belum bisa ditentukan harus dirawat atau tidak. Keempat pasien tersebut yaitu dua pasien merupakan penumpang pesawat Air Asia rute Kuala Lumpur-Padang. Kemudian dua pasien lainnya merupakan rujukan dari salah satu RSUD di Sumbar.

Baca juga: Padang siapkan 1.000 relawan mitigasi corona
Baca juga: Tiga pasien RSUP M Djamil Padang jalani perawatan di ruang isolasi


Sebelumnya, seorang penumpang pesawat Air Asia rute Kuala Lumpur-Padang dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Padang setiba di Bandara Internasional Minangkabau karena mengalami sesak napas dan suhu badan mencapai 36,6 derajat celsius.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Yos Suwagiyono di Padang Pariaman, Senin, mengatakan penumpang tersebut baru dicurigai corona.

Untuk memastikan seseorang terpapar virus corona harus melalui cek laboratorium terhadap darah, dan itu baru bisa dilakukan di Jakarta dan juga harus disampaikan resmi oleh pihak yang berkompeten, ujar dia.

Ia menjelaskan kronologi berdasarkan laporan lapangan penumpang asal Kabupaten Kerinci berusia 47 tahun tersebut saat melewati Thermal Scanner di area kedatangan internasional, terdeteksi dengan kondisi sesak nafas.

Yang bersangkutan setelah diinterview oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mengaku sudah 3 hari sesak nafas, ujarnya.

Pihak KKP Bandara langsung melakukan penanganan sesuai protokol, penumpang tersebut langsung diisolasi dan diinterview serta selanjutnya dirujuk ke RSUP M Djamil Padang untuk penanganan lanjut.

Baca juga: Wagub: Layanan pasien diduga corona diarahkan ke RSUP M. Jamil Padang
Baca juga: Unand minta civitas akademika tunda perjalanan ke luar negeri

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumbar siapkan RSUP M. Djamil antisipasi penanganan covid-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar