Kemendagri: Tito dan istri negatif COVID-19

Kemendagri: Tito dan istri negatif COVID-19

Mendagri Tito Karnavian memberi pernyataan terkait virus corona di Kantor BNPB Jakarta, Senin (16/3/2020). ANTARA/HO/Puspen Kemendagri/pri.

Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga mengatakan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan istri telah melakukan tes infeksi COVID-19 pada Minggu (15/3), hasilnya negatif.

"Dari Hasil tes tersebut di atas, khususnya nomor 1 dan 2 (test pemeriksaan atas darah dan pemeriksaan Rontgen X-Ray atas paru paru), menunjukkan bahwa Mendagri Tito dan ibu Tri Suswati Karnavian negatif atau sama sekali tidak terkena infeksi COVID-19," kata Kastorius dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan Mendagri dan Tri Suswati Karnavian dalam keadaan sehat walafiat dan menjalankan kegiatan yang sudah terjadwal pada Senin (16/3).

Menurut dia, Mendagri bersama istri seperti biasanya tiap pagi hari melakukan olah raga pagi atau "jogging" sebagaimana dilihat dalam video.

"Itu dengan harapan agar masyarakat rajin berolah raga untuk menjaga kesehatan dan sebagai salah satu cara efektif mencegah serangan COVID-19," ujarnya.

Dia mengatakan atas instruksi Presiden agar semua menteri/kepala lembaga negara menjalani tes /pemeriksaan infeksi COVID-19.

Baca juga: Tito beraktivitas normal bahkan beri pernyataan terkait COVID-19

Menurut dia, Mendagri Tito dan istri bersama-sama para menteri telah melakukan tes pada Minggu (15/3) pukul 14.30 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

"Cakupan tes COVID-19 sangat intensif meliputi pemeriksaan laboratorium atas sampel darah, pemeriksaan paru-paru melalui rontgen X-Ray dan pemeriksaan laboratorium swap atau cairan tenggorokan dan hidung," katanya.

Menurut dia, seperti para menteri lainnya, kita juga masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium swap (cairan) tenggorokan dan hidung (no 3).

Dia mengatakan karena sesuai protokol medis laboratorium, hasil pemeriksaan atas sample swap tenggorokan ini baru bisa diketahui setelah 2 hingga 3 hari kerja sejak saat pengambilan sample.

Baca juga: Mantan Menkes anjurkan uang kembalian tidak dipegang, benarkah?

Baca juga: Satgas RSUA: 500 pasien lakukan tes COVID-19

Baca juga: Mahfud: "Social distancing" minimalkan penyebaran COVID-19

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gubernur kukuhkan lima Pjs Bupati dan Wali Kota di Malut

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar