Saya juga sudah memeriksakan diri di rumah sakit
Makassar (ANTARA) - Bupati Luwu, Sulawesi Selatan Basmin Mattayang menegaskan dirinya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan tidak terinfeksi virus corona meski sempat bersalaman dan cium pipi kanan-kiri (cipika-cipiki) dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu.

"Saya diisukan sudah sakit keras setelah bertemu Menhub, disebut tidak bisa makan lagi. Jelas itu tidak benar dan hoaks. Justru nafsu makan saya normal dan naik," ujar Basmin Mattayang saat ngobrol santai dengan wartawan di Makassar, Senin.

Ia mengatakan selama beberapa hari ini, dirinya ramai jadi perbincangan bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah usai bertemu dan menemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja.

Basmin juga sudah melihat video dan foto yang viral di sosial media (sosmed) saat dirinya menyambut Menhub Budi Karya Sumadi bersama rombongan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah pada 28 Februari 2020 untuk meninjau landasan pacu bandara di daerahnya.

Baca juga: Babak baru penanganan COVID-19 setelah Menhub positif

Dia mengaku sudah memeriksakan diri di rumah sakit dan hasil pemeriksaan itu normal dengan suhu tubuh di angka 36 derajat celsius.

"Suhu tubuh saya normal, 36 derajat celsius. Saya juga sudah memeriksakan diri di rumah sakit, insyaallah masih dalam lindungan Allah SWT," katanya.

Sebelumnya, peristiwa Basmin bercipika-cipiki dengan Menhub disebutnya terjadi pada Jumat, 28 Februari 2020. Saat itu Basmin menyambut Menhub yang tiba di Bandara Lagaligo Bua di Luwu. Saat itu Menhub bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau landasan pacu bandara.

Adapun mengenai kondisi kesehatan dirinya, ia mengaku sangat sehat setelah melakukan pengecekan oleh tim medis atau dokter.

Sementara itu berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus Corona, Basmin mengaku telah menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan instansi terkait, yakni pimpinan DPRD Luwu, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Ketenagakerjaan Luwu.

Beberapa poin hasil rakor tersebut di antaranya, aparat dan warga Luwu diharapkan mewaspadai kunjungan tamu, dari dalam dan luar negeri, khususnya negara yang terinfeksi corona, serta membatasi kegiatan-kegiatan yang dihadiri banyak orang dan di luar rumah.

Selain ke masyarakat, untuk kalangan pegawai di lingkup pemerintah Luwu, Basmin mengatakan belum memberlakukan kerja di rumah.

Namun ia mengingatkan semua bawahannya untuk melakukan aktivitas di kantor dengan mengutamakan menjaga kesehatan dan kebersihan.

Baca juga: Positif corona, ini riwayat kegiatan terakhir Menhub Budi Karya
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020