...siapa yang kontak langsung dengan Pak Budi Karya pada dua minggu terakhir agar melakukan tes di RSPAD untuk memastikan mereka juga bersih
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang kini juga menjabat sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim, meminta jajaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mewaspadai Virus Corona jenis baru atau COVID-19.

Luhut dalam teleconference di Jakarta, Senin malam, mengatakan telah melakukan teleconference dengan para Eselon I Kemenhub dan memberikan sejumlah instruksi.

"Saya sudah bicara dengan para Dirjen atau Eselon I melalui video call, memberikan instruksi kepada mereka, misalnya soal kebersihan di Kantor Kemenhub, semua kita lakukan," katanya.

Baca juga: Kemenhub sterilisasi seluruh ruangan kerja

Luhut juga meminta jajaran Kemenhub yang melakukan kontak langsung dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam dua minggu terakhir untuk memeriksakan diri. Budi Karya sendiri telah diumumkan positif COVID-19 pada Sabtu (14/3) lalu.

"Kemudian, siapa yang kontak langsung dengan Pak Budi Karya pada dua minggu terakhir agar melakukan tes di RSPAD untuk memastikan mereka juga bersih," katanya.

Baca juga: Luhut beri lima instruksi kepada jajaran Kemenhub

Tidak hanya itu, Luhut juga menginstruksikan penyemprotan disinfektan di lingkungan Kemenhub.

Ia juga meminta agar thermal gun dan thermal scanner yang digunakan untuk mengecek suhu tubuh bisa diproduksi massal oleh salah satu BUMN, yakni PT LEN Industri (Persero).

"Misalnya thermal gun, thermal scanner itu kalau bisa buatan LEN, dalam negeri, di Bandung. Kita dorong untuk itu segera dikerjakan," pungkasnya.

Baca juga: Waspada COVID-19, KKP keluarkan kebijakan kerja dari rumah

Baca juga: Kemenko Perekonomian mulai terapkan sistem kerja dari rumah


 

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020