Pemerintah Inggris imbau warganya tak kunjungi Indonesia

Pemerintah Inggris imbau warganya tak kunjungi Indonesia

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins. ANTARA

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, mengatakan, pemerintahnya mengimbau agar warga negara Inggris tidak mengunjungi Indonesia untuk sementara waktu terkait penyebaran virus COVID-19, kecuali untuk urusan yang sangat mendesak.

Imbauan tersebut dikatakan Jenkins melalui pernyataan video yang diunggah ke akun Twitter Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Senin malam. Dia memberikan pembaruan terhadap imbauan perjalanan yang dikeluarkan oleh pejabat pemerintah Inggris.

Ia menjelaskan, pemerintah Indonesia tengah meningkatkan upaya untuk menghadapi penyebaran COVID-19 yang telah disebut sebagai pandemic itu. “Upaya itu termasuk beberapa kebijakan yang dapat berpengaruh pada perjalanan dari Inggris, sebagai contoh, pengunjung harus melakukan isolasi mandiri pada kedatangan ke Indonesia,” kata dia.

Baca juga: RSUP Persahabatan buka posko konsultasi COVID-19

Ada pula kebijakan yang dapat mempengaruhi kegiatan perjalanan bagi WN Inggris yang berdomisili di Jakarta, untuk bepergian ke daerah lain di Indonesia, maupun ke negara-negara tetangga.

“Oleh karena hal tersebut, dan juga kombinasi dengan beberapa faktor lain seperti tekanan pada layanan kesehatan di negara ini, maka para pejabat di London memutuskan untuk memperbaharui imbauan perjalanan,“ kata dia.

Baca juga: Pesan pasien sembuh COVID-19: Jangan panik

Imbauan perjalanan itu kini meminta warga negara Inggris untuk tidah mengunjungi Indonesia atau Timor Leste, kecuali untuk keperluan mendesak.

“Kami meminta warga Inggris untuk betul-betul mempertimbangkan apakah kunjungan mereka memenuhi kriteria tersebut,” lanjut Jenkins.
 

 

Sementara itu, bagi para WN Inggris yang tengah berada di Indonesia, dia mengimbau agar tetap tenang dan terus memantau perkembangan situasi melalui sumber berita yang dapat dipercaya. Dia juga mengatakan perkembangan data terbaru terkait jumlah penderita COVID-19 di Indonesia dapat diakses melalui laman resmi Kementerian Kesehatan.

Baca juga: IDAI minta pemerintah "lockdown" parsial daerah penularan COVID-19

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dan Konsulat Jenderal Inggris di Bali, lanjutnya, siap untuk memberikan bantuan bagi mereka yang kesulitan.

“Mohon lakukan langkah-langkah untuk menjaga kesehatan anda. Sering-sering mencuci tangan, jaga jarak dengan satu sama lain (social distancing), hindari ara-area padat orang serta waktu-waktu ramai pada transportasi publik,” ujarnya.

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Inggris pilih Bandung kembangkan sistem transportasi massal terintegrasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar