Terkait meliburkan, kami masih menunggu dasar aturan yang kuat, kalau pun diputuskan untuk diliburkan tentu kami akan mendukung dan melaksanakannya
Palangka Raya (ANTARA) - Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya, Kalimantan Tengah masih menunggu perkembangan dan kebijakan lanjutan dari pemerintah, terkait dengan aktivitas belajar dan mengajar di lingkungannya.

"Terkait imbauan Presiden mencegah penyebaran COVID-19 kami sangat mendukung, namun untuk kebijakan lainnya tentang libur masih menunggu perkembangan lebih lanjut," kata Rektor IAHN-TP Palangka Raya I Ketut Subagiasta di Palangka Raya, Senin.

Pihaknya masih menanti edaran pemprov apakah ada kebijakan terkait hal tersebut untuk bisa ditindaklanjuti, termasuk dari Ditjen Bimas Hindu yang membawahi empat Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Negeri (PTKHN) dan sembilan Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Swasta (PTKHS).

"Terkait meliburkan, kami masih menunggu dasar aturan yang kuat, kalau pun diputuskan untuk diliburkan tentu kami akan mendukung dan melaksanakannya," katanya.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, ITERA berlakukan kuliah daring dan tunda wisuda

Hanya saja, apabila kegiatan kuliah tatap muka diliburkan, pihaknya juga siap menerapkan kuliah sistem daring, sebab selama ini kuliah daring telah diterapkan dan mahasiswa juga sudah terbiasa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAHN-TP Palangka Raya Budi Widodo menambahkan pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi lainnya di Kalteng.

"Kalau memang yang lain libur kami akan mengikutinya, sementara ini kami masih terus berkoordinasi dan mengikuti perkembangan terbaru," katanya.

Terkait dengan pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan IAHN-TP Palangka Raya, kebijakan internal yang sudah pihaknya lakukan dengan mengoptimalkan gerakan masyarakat hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan.

Pihaknya sudah mengajak warga IAHN-TP Palangka Raya melaksanakan kegiatan kebersihan, seperti gotong royong. Kegiatan itu, tak hanya dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 tersebut, namun pada dasarnya memang rutin dilaksanakan.

Baca juga: Pemerintah dorong perguruan tinggi selenggarakan kuliah daring
Baca juga: IAIN Palu kuliah daring cegah penyebaran COVID-19

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020