Bandarlampung (ANTARA) - Bandara Raden Inten II, Tanjungkarang, Lampung melakukan beragam langkah antisipasi mencegah persebaran virus corona (COVID-19) di lingkungan bandara tersebut.

"Kami beserta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Panjang pada hari minggu kemarin telah melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah daerah yang di nilai rawan penyebaran virus sebagai salah satu langkah antisipasi, " ujar Kepala Bandara Raden Inten II Asep Kosasih Samapta, saat dihubungi di Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan, kegiatan pencegahan dilakukan beriringan dengan kegiatan operasional penerbangan.

Baca juga: Pegawai-tamu RSUD Penajam wajib periksa suhu tubuh antisipasi COVID-19

"Saat ini untuk memberi kenyamanan dan keamanan kepada seluruh masyarakat pengguna transportasi udara, Bandara Raden Inten II melakukan sejumlah langkah antisipasi yang bekerjasama dengan sejumlah pihak, " katanya.

Menurutnya, langkah pencegahan tersebut meliputi, pemeriksaan suhu tubuh penumpang dan petugas bandara pada ruang kedatangan setiap hari, penyediaan hand sanitizer, serta ruang isolasi yang dilengkapi dengan alat HEPA (High Efficiency Particulate Arrestance).

"Selain itu kami juga menyiapkan unit ambulans bagi pasien yang memerlukan rujukan, lalu melengkapi APD bagi personil bandara di garda depan pelayanan, serta mempublikasikan konten pencegahan corona melalui sosial media, dan media digital, " katanya.

Ia mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap menjaga imun dan pola hidup sehat.

"Masyarakat diimbau agar tidak panik, sebab kami beserta instansi dan pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah persebaran virus, " katanya.

Baca juga: AP I melakukan penyemprotan disinfektan di Bandara YIA
Baca juga: KPU belum memiliki opsi tunda Pilkada 2020 karena COVID-19
Baca juga: Luhut kaji aturan karantina 14 hari sebelum masuk Indonesia

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020