Jakarta (ANTARA) - Microsoft menyatakan sebanyak 1 miliar perangkat yang aktif hari ini telah menjalankan Windows 10.

“Kami senang mengumumkan bahwa lebih dari satu miliar orang telah memilih Windows 10 di 200 negara yang menghasilkan lebih dari satu miliar perangkat Windows 10 aktif," kata Yusuf Mehdi, corporate vice president of Modern Life and the Search & Devices Group Microsoft, lansir The Verge, Senin (16/3).

Baca juga: Microsoft targetkan 1 miliar perangkat Windows 10 tahun 2020

“Kami tidak bisa lebih berterima kasih kepada pelanggan, mitra, dan karyawan kami karena membantu kami sampai di sini,” dia melanjutkan.

Jumlah ini termasuk PC, laptop, konsol Xbox One, dan perangkat HoloLens yang menjalankan sistem operasi terbaru Microsoft itu.

Hal itu berarti Microsoft saat ini telah mencapai tujuan awal satu miliar perangkat yang menjalankan Windows 10, meskipun dua tahun lebih lambat dari yang diperkirakan. Microsoft juga mengungkapkan saat ini memiliki 17,8 juta penguji Windows Insider.

Microsoft telah merencanakan untuk menjalankan Windows 10 pada satu miliar perangkat dalam waktu tiga tahun setelah dirilis, tetapi perusahaan memperpanjang waktu setelah Windows Phone gagal menantang iOS dan Android.

Pencapaian ini terjadi kurang dari lima tahun setelah rilis asli, dan kurang dari enam bulan setelah Microsoft mencapai 900 juta perangkat untuk Windows 10.

Windows 10 saat ini "satu-satunya sistem operasi di “jantung” lebih dari 80.000 model laptop yang berbeda dan perangkat 2-in-1 di lebih dari 1.000 produsen yang berbeda," ujar Mehdi.

Angka satu miliar tersebut juga datang hanya beberapa bulan setelah dukungan berakhir untuk Windows 7. Jelas bahwa peningkatan Windows 7 telah membantu Microsoft mencapai satu miliar pengguna aktif Windows 10.

Peningkatan ini juga membantu mendorong pasar PC ke tahun pertama pertumbuhannya sejak 2011 karena bisnis dan konsumen mencari mesin baru.


Baca juga: Microsoft akan hilangkan password ratusan juta pengguna Windows 10

Baca juga: Windows 7 berakhir, ini cara "upgrade" gratis ke Windows 10

Baca juga: Microsoft hentikan dukungan Windows 10 Mobile tahun ini
 

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020