Jakarta (ANTARA) - Firma robot Belgia meminjamkan robot-robot kepada rumah jompo agar para lansia bisa tetap berkomunikasi dan terhubung setelah pemerintah melarang adanya pengunjung demi mencegah penyebaran virus corona.

Perusahaan Zorabots mengatakan mereka awalnya meminjamkan 60 robot "James" untuk rumah jompo, tapi mereka bisa menyediakan ratusan robot lagi. Mesin setinggi 1,2 meter itu bisa menavigasi kamar dan menghubungkan panggilan video lewat messenger Facebook.

Baca juga: Tips cegah paparan virus di kendaraan umum

Dilansir Reuters, pemerintah Belgia melarang adanya pengunjung di rumah jompo, membatasi jam buka toko, menutup sekolah untuk mengurangi penyebaran COVID-19 yang telah menginfeksi 1.085 orang menewaskan lima orang di sana.

"Kami mengatakan, dalam beberapa pekan ke depan kami takkan bisa menjualnya, pasokannya hanya teronggok di sana. Ketimbang membiarkan stoknya begitu saja, mengapa tidak menggunakannya untuk hal baik?" kata co-CEO Zorabots Tommy Deblieck kepada Reuters.

Nele Vandewiele, direktur perawatan perumahan untuk pemerintah kota Ostend, mengatakan robot ini dapat membantu para lansia yang kehilangan kontak dengan dunia luar dan keluarga mereka.


Baca juga: Tips bersihkan ponsel dari kuman dan virus

Baca juga: Google tampilkan tips aman untuk pencarian virus corona

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020