Jakarta (ANTARA) - Film musikal "Cats" mendominasi penghargaan Razzie Awards sebagai film terburuk tahun 2019, total membawa pulang enam trofi termasuk film terburuk, skenario terburuk dan sutradara terburuk.

Baca juga: "Cats" dan para pemeran dapat nominasi penghargaan film terburuk

Hasil ini menambah keterpurukan adaptasi teater "Cats" karya Andrew Lloyd Webber. Film yang dibintangi aktor papan atas seperti Judi Dench, Idris Elba hingga Taylor Swift yang mengenakan kostum bulu dengan CGI menjadi olok-olok kritikus. Film ini juga tidak laku di bioskop, hanya membawa pulang 70 juta dolar AS.

Razzies atau Golden Raspberries dibuat pada 1980 sebagai antidot dari musim penghargaan Hollywood. Para nomine diumumkan pada Februari, sehari sebelum Oscar, penghargaan tertinggi di industri film.

Baca juga: "Zoolander 2 " borong nominasi film terburuk Razzie Award

Dilansir Reuters, nomine dan pemenang Razzie dipilih secara online oleh sekitar 1.100 anggota Razzie dari lebih dari dua puluh negara, yang mendaftar online dan membayar biaya keanggotaan 40 dolar AS.

Penghargaan Razzie yang didapat "Cats" meliputi aktor pendukung untuk James Corden dan Rebel Wilson. Sementara Tom Hooper dinobatkan jadi sutradara terburuk.


Baca juga: Fifty Shades of Grey dinobatkan sebagai film terburuk

Baca juga: "Transformers: The Last Knight" pimpin nominasi film terburuk

Baca juga: "Batman vs Superman" dan "Hillary's America" menang film terburuk

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020