Kondisi dua orang dokter dan 28 orang tenaga medis tersebut sehat dan tidak ditemukan virus COVID-19. Namun untuk memastikan mereka sehat dan tidak terpapar virus, masa isolasi rumah akan diperpanjang...,
Cianjur (ANTARA) - Masa isolasi rumah terhadap 30 orang tenaga medis Rumah Sakit Dokter Hafidz (RSDH) Cianjur, Jawa Barat diperpanjang serta pengambilan sampel darah hingga dahak akan kembali dilakukan sebelum dinyatakan benar-benar sehat dan negativ COVID-19.

"Kondisi dua orang dokter dan 28 orang tenaga medis tersebut sehat dan tidak ditemukan virus COVID-19. Namun untuk memastikan mereka sehat dan tidak terpapar virus, masa isolasi rumah akan diperpanjang," kata Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Cianjur, Yusman Faisal kepada wartawan di Cianjur, Selasa.

Masa isolasi rumah selama 14 hari terhadap tim medis yang sempat menangani pasien positif corona yang meninggal dunia di rumah sakit swasta tersebut sudah selesai, namun untuk memastikan kembali mereka akan menjalani pemeriksaan tambahan.
Baca juga: 30 tenaga medis RSDH Cianjur masih jalani isolasi
Baca juga: Polres Cianjur dirikan posko siaga COVID-19


"Kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait pemantauan ulang 30 orang tenaga medis tersebut dan mereka akan kembali diambil sample darah dan dahaknya," kata Yusman.

Hal tersebut ungkap dia, untuk memastikan 30 orang tim medis tersebut benar-benar negatif dan dapat bekerja kembali seperti biasa, meskipun dari tes awal mereka negatif atau tidak terpapar virus Covid-19.

Sementara Pemkab Cianjur melalui dinkes segera mengirimkan petugas kesehatan untuk mengikuti pelatihan penanganan pasien suspect Corona ke dirjen kesehatan pusat, sehingga ketika mendapati pasien positif tidak akan terpapar.

"Saat ini di pusat sama kekurangan tenaga medis yang sudah ahli dalam menangani penyakit menular termasuk Covid-19. Sehingga kami akan mengirim tim untuk mengikuti pelatihan penanganan Covid-19," katanya.
Baca juga: Pemkab keluarkan edaran penghentian kegiatan massal, cegah corona
Baca juga: Bupati Cianjur imbau warga tidak resah terkait pasien terduga COVID-19

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020