Ini merupakan sinergi dalam rangka sama sama menghadapi COVID-19 sudah dinyatakan pandemi
Jakarta (ANTARA) - Bio Farma sebagai perusahaan induk (holding) BUMN Farmasi menyerahkan bantuan secara simbolis sebanyak 12.000 botol cairan pembersih kuman (hand sanitizer) dan 10.000 masker bagi masyarakat Kota Bandung, Jawa Barat dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus corona.

"Ini merupakan salah satu bukti kami hadir ke masyarakat. di tengah kepanikan masyarakat kami memberikan hand sanitizer dan masker yang sulit diakses oleh masyarakat dan kalau pun ada harga nya pasti mahal,” ujar Kepala Divisi Pengelolaan Lingkungan & Sosial Bio Farma, R. Herry dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh R. Herry yang mewakili Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, kepada Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Ramdani, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar dan perwakilan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), dr. Ahmad Ramdan Sp.OT.

Masker dan hand sanitizer tersebut akan didistribusikan ke SD, SMP, SMA, tempat ibadah, hingga rumah sakit di Kota Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Berli Ramdani mengatakan bahwa pemberian bantuan ini merupakan sinergi untuk menghadapi pandemi COVID-19.

“Ini merupakan sinergi dalam rangka sama sama menghadapi COVID-19 sudah dinyatakan pandemi, Sehingga tidak terjadi kepanikan dan menghamburkan sumber daya," katanya.

Ia pun menambahkan bahwa bantuan ini bisa dimaksimalkan oleh para pekerja dengan resiko tinggi.

“Kita apresiasi dan mudah-mudahan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mencegah penyebaran COVID-19 pada tenaga medis dan tenaga pengajar," katanya.

Selain menyerahkan bantuan masker dan hand sanitizer, Bio Farma akan memberikan vaksinasi secara gratis kepada perawat dan tenaga kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin yang menjadi rujukan bagi penanganan COVID-19.

Baca juga: Cegah COVID-19, Bio Farma edukasi publik tingkatkan imunitas tubuh
Baca juga: Hadapi COVID-19, Bio Farma: Stok vaksin untuk daya tahan tubuh cukup
Baca juga: Bio Farma berkoordinasi dengan Menkes untuk teliti sampel corona

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020