Sebanyak 26 saham perusahaan meningkat dan sembilan saham lainnya jatuh
Madrid (ANTARA) - Saham-saham Spanyol melambung pada perdagangan Selasa (17/3/2020), menghentikan penurunan selama satu minggu dengan indeks acuan IBEX 35 di Bursa Efek Madrid melonjak 6,41 persen atau 391,3 poin, menjadi berakhir di 6.498,50 poin setelah dibuka pada 6.107,20 poin.

Dari 35 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang tergabung dalam komponen indeks IBEX 35, sebanyak 26 saham perusahaan meningkat dan sembilan saham lainnya jatuh.

Pasar mulai naik pada sore hari setelah Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan injeksi 200 miliar euro (219,4 miliar dolar AS) ke dalam ekonomi dalam upaya melindungi pekerja, keluarga dan perusahaan dari dampak ekonomi dari virus corona.

Perusahaan asuransi Mapfre menjadi pemain dengan kinerja terbaik (top gainer) di antara saham-saham unggulan atau blue chips, dengan nilai sahamnya meroket 19,97 persen.

Disusul oleh saham raksasa perusahaan telekomunikasi Spanyol Telefonica yang melambung 17,80 persen setelah Sanchez mengumumkan langkah-langkah yang bertujuan melindungi perusahaan Spanyol dari investor asing yang ingin mengambil keuntungan dari penurunan nilai saham, serta saham produsen energi bersih Siemens Gamesa Renewable Energy melonjak 14,97 persen.

Di sisi lain, International Consolidated Airlines Group (IAG), perusahaan induk multinasional maskapai penerbangan Anglo-Spanyol, menderita kerugian terbesar (top loser) dari saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya anjlok 8,05 persen.

Diikuti oleh saham perusahaan properti Merlin Properties yang merosot sebesar 4,74 persen, serta perusahaan pengembang real estat multi nasional Spanyol Inmobiliaria Colonial jatuh 4,04 persen.

Baca juga: Bursa saham Spanyol anjlok, indeks IBEX 35 terpangkas 7,88 persen
Baca juga: Bursa saham Spanyol pulih dengan Indeks IBEX 35 melambung 3,73 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020