Kemarin, anggaran hingga RS dan hotel penanganan COVID-19

Kemarin, anggaran hingga RS dan hotel penanganan COVID-19

ILUSTRASI: Suasana pengisian BBM jenis Avtur di Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) di Bandara Internasinal. ANTARA/HO Humas Pertamina/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (17/3) mulai dari Menteri Keuangan yang menyediakan DAK Fisik Bidang Kesehatan hingga Kementerian BUMN menyiapkan RS dan hotel untuk penanganan wabah COVID-19.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

1. Sri Mulyani siapkan DAK Fisik Bidang Kesehatan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan dan Bantuan Operasional Kesehatan dalam rangka mengantisipasi serta menangani virus corona atau COVID-19 yang telah mewabah di Indonesia.

“Dana Alokasi Khusus Fisik pada Bidang Kesehatan dapat digunakan untuk kegiatan pencegahan dan/atau penanganan Corona Virus Disease (COVID-19),” tulis Menteri Keuangan (KMK) Nomor 6/KM.7/2020.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Pemda wajib anggarkan belanja penanganan COVID-19

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewajibkan pemerintah daerah menganggarkan belanja untuk kesehatan yang telah ditetapkan dalam APBD dalam rangka mengantisipasi dan menangani wabah COVID-19.

“Perlu dilakukan penyesuaian sementara pada persyaratan penyaluran dan pembagian DBH, DAU, dan DID dengan tetap berpegang teguh pada prinsip kehati-hatian dan dapat dipertanggungjawabkan,” tulis Peraturan Menteri Keuangan Nomor 19/PMK.07/2020.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Pasokan BBM dan elpiji di daerah aman

Pertamina memastikan seluruh pasokan BBM dan elpiji di sejumlah daerah dalam kondisi aman menyusul meningkatnya kewaspadaan dan kesiapan pekerjanya menghadapi COVID-19.

“Di Provinsi Riau hingga Februari 2020, Pertamina telah menyalurkan Premium sebesar 117,12 juta liter. Sedangkan untuk Biosolar, disalurkan sebanyak 127,02 juta liter,” kata Unit Manager Comm, Rel dan CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, M. Roby Hervindo.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Bahan baku farmasi terkendala

Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menyebutkan industri farmasi nasional terkendala mendapatkan bahan baku karena harus bersaing dengan negara lain di tengah pandemi COVID-19.

Tadi juga disampaikan farmasi kan masih berebutan bahan baku dengan negara lain. Ini mesti kita cari solusinya, sehingga tidak ada kendala di bidang farmasi," katanya di Menara Kadin Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

5. RS dan hotel untuk tangani COVID-19

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) dan Hotel Patra Comfort, Jakarta sebagai tempat penanganan COVID-19.

“Penanganannya akan didukung 10 dokter spesialis, delapan dokter umum, dan tiga perawat terlatih," kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mentan: isolasi wilayah hambat distribusi pangan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar