Jakarta (ANTARA) - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah mengumumkan komitmen mereka untuk merampungkan kompetisi klub-klub Eropa dan domestik musim 2019-2020 pada 30 Juni.

Baru-baru ini UEFA memutuskan untuk menunda Piala Eropa 2020 selama setahun akibat dampak pandemi virus corona.

Kompetisi-kompetisi sepak bola Eropa dihentikan sebagai bagian dari upaya untuk membendung penyebaran Covid-19, dengan Liga Premier Inggris, Bundesliga, Serie A dan La Liga ditunda hingga awal April dan Ligue 1 tanpa batas waktu yang ditentukan.

Pekan lalu, UEFA juga memutuskan untuk menunda Liga Champions dan Liga Europa dengan kedua kompetisi tersebut tengah memasuki babak 16 besar.

Baca juga: Resmi tunda Euro, UEFA reka ulang jadwal rampungkan liga-liga
Baca juga: Euro 2020 diundur setahun


Pengumuman komitmen tersebut ditandatangani oleh presiden UEFA Aleksander Ceferin, ketua Asosiasi Klub Eropa Andrea Agnelli, presiden Liga Eropa Lars-Christer Olsson dan presiden FIFPro Eropa Bobby Barnes.

"Komitmen untuk menyelesaikan semua kompetisi klub domestik dan Eropa pada akhir musim saat ini, paling lambat 30 Juni 2020, seandainya situasinya membaik," tulis Uefa dalam sebuah pernyataan yang dikutip beIN Sports yang dipantau dari Jakarta, Rabu.

Pernyataan tersebut juga menjelaskan fleksibilitas dalam hal penjadwalan pertandingan domestik di tengah pekan dan pertandingan kompetisi klub UEFA di akhir pekan serta menambahkan "kemungkinan pertandingan" babak kualifikasi Liga Champions musim 2020-2021 dan Liga Europa bila target 30 Juni tidak terpenuhi.

Laporan sebelumnya pada Selasa menyebutkan bahwa final Liga Europa dan Liga Champions kemungkinan bisa digelar pada 24 dan 27 Juni.

Baca juga: Euro dan Copa America diundur, Piala Dunia Antarklub ikut terdampak
Baca juga: Klub Liga Spanyol dikritik karena tes COVID-19 ke pemain tanpa gejala
Baca juga: Liga Berlian tunda tiga event karena virus corona

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020