Los Angeles (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Seorang pembunuh berantai di Phoenix, Arizona, Jumat, dijatuhi hukuman mati sebanyak enam kali karena melakukan enam pembunuhan, lapor surat kabar Arizona Republic di lamannya.

Pembunuh berantai Dale Hausner dinyatakan bersalah atas 80 kejahatan, termasuk enam pembunuhan dan tuntutan berlapis pembunuhan tingkat-satu, penyerangan, penembakan sambil mengemudi, pembakaran dan kekejaman terhadap hewan.

Selasa lalu, dewan juri memutuskan terdapat 22 faktor yang memberatkan yang dapat membuat Hausner diganjar sebanyak enam hukuman mati, kata laporan tersebut.

Hausner dihukum atas pembunuhan enam orang dari Juni 2005 sampai Juli 2006. Ia dinyatakan tak bersalah atas dua pembunuhan lain tapi bersalah atas penembakan terhadap atau melukai 18 orang lagi serta 10 hewan selama aksi penembakan 14 bulan yang meneror kota itu selama hampir dua tahun.

Awal pekan ini, Hausner membela diri dengan mengajukan bukti "yang meringankan" mengenai hidup dan latar belakangnya yang mungkin dapat membujuk juri menyelamatkan jiwanya, dan ia memerintahkan pengacara untuk tidak menyampaikan keberatan atas namanya.

Senin depan, Hakim Mahkamah Agung Roland Steinle akan membacakan vonis terhadap Hausner atas 74 kejahatan lain yang berarti dia terbukti bersalah dalam kasus berlapis dari menembak sambil mengemudi, serangan kejam, upaya pembunuhan tingkat saut, sampai pembakaran dan kejahatan terhadap hewan.

Selain keenam hukuman mati, ia juga akan diganjar ratusan tahun penjara, kata laporan itu. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009