Orang ini masih kami tetapkan ODP belum PDP sebetulnya mereka masih bisa pulang ke rumah
Belitung,Babel (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, merawat sebanyak empat pasien dalam pengawasan (PDP) dan lima pasien orang dalam pemantauan (ODP) hingga Rabu.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Marsidi Judono Kabupaten Belitung, dr. Hendra Sp.An di Tanjung Pandan, Rabu mengatakan jumlah pasien orang dalam pemantauan yang dirawat di RSUD setempat bertambah.

"Ada pasien dalam pengawasan rujukan dari luar tetapi setelah dilakukan pemeriksaan ulang melalui hasil laboratorium dan radiologi ada tiga yang terbaru kami tetapkan dalam ODP," katanya.

Ia menjelaskan, pasien ODP dengan nomor 06 jenis kelamin perempuan berusia 58 tahun datang ke RSUD setempat pada tanggal 16 Maret pukul 23:50 WIB.

Kemudian pasien dengan nomor 07 berjenis kelamin laki-laki usia 66 tahun masuk ke RSUD setempat pada tanggal 18 Maret pukul 08:30 WIB.

Sedangkan pasien dengan nomor 08 jenis kelamin laki-laki usia 26 tahun dan pasien 09 jenis kelamin perempuan usia 48 tahun datang ke RSUD setempat pada Rabu pagi.

"Orang ini masih kami tetapkan ODP belum PDP sebetulnya mereka masih bisa pulang ke rumah cuma pasien-pasien ini tidak bisa dipulangkan karena kondisi klinisnya tidak memungkinkan gejalanya berat," ujarnya.

Hendra menambahkan rata-rata pasien tersebut pernah memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah yang sudah ada lokal transmisi virus COVID-19.

"Banyak mengunjungi beberapa daerah yang sudah ada lokal transmisi dan pulang ada gejala batuk, sesak, dan ada satu yang usianya sudah tua serta ada penyakit penyerta," katanya.

Sedangkan pasien 02 yang sebelumnya sempat dirawat di ruang isolasi setempat telah dipulangkan dan berstatus menjadi orang dalam pemantauan.

"Yang namanya ODP tidak perlu kita isolasi sebenarnya sudah kami edukasi isolasi cukup di rumah dan sudah kita pulangkan," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020