Objek wisata di Bangka Barat ditutup sementara, cegah COVID-19

Objek wisata di Bangka Barat ditutup sementara, cegah COVID-19

Petugas memasang peringatan penutupan sementara objek wisata di Mentok. ANTARA/Donatus D.P.

namun jika di kemudian hari keadaan membaik maka akan secepatnya dibuka kembali
Mentok, Babel (ANTARA) - Sejumlah objek wisata di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditutup sementara guna mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

"Penutupan sementara objek wisata ini menindaklanjuti surat edaran Gubernur Babel Nomor:556/0271/DISBUDPAR tertanggal 17 Maret 2020 tentang perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Bbambang Haryo Suseno di Mentok, Rabu.

Dia menjelaskan penutupan sementara dua objek wisata andalan, yaitu Pantai Baturakit Mentok dan Pesanggrahan Menumbing, sebagai langkah antisipasi untuk mencegah penyebarannya.

"Penutupan sementara kami laksanakan mulai hari ini hingga 30 April 2020, namun jika di kemudian hari keadaan membaik maka akan secepatnya dibuka kembali," katanya.

Baca juga: Pemkab Probolinggo tutup sementara seluruh objek wisata

Ia mengatakan dua objek wisata di Mentok itu merupakan objek utama yang selama ini menjadi sumber pendapatan asli daerah di Kabupaten Bangka Barat.

Menurut Bambang, Pesanggrahan Menumbing merupakan lokasi pengasingan sejumlah tokoh Kemerdekaan Republik pada 1948-1949, selain bersejarah di lokasi itu wisatawan juga disajikan keindahan pemandangan gunung yang masih asri dan pemandangan Kota Mentok tampak atas.

Selain itu, katanya, Pantai Baturakit Mentok menyajikan keindahan pantai berpasir putih yang selama ini menjadi andalan warga untuk dijadikan objek wisata keluarga.

Setiap akhir pekan, lokasi itu cukup padat pengunjung, sedangkan langkah penutupan sementara objek wisata harapkan bisa mengantisipasi dan mencegah agar virus tidak semakin menyebar.

"Penutupan sementara merupakan langkah yang bisa kami ambil demi keselamatan masyarakat," kata Bambang.

Baca juga: Cegah penyebaran Corona, Magelang tutup objek wisata pada 16-29 Maret
Baca juga: Madiun tutup sementara semua objek wisata

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar