Industri MICE lakukan antisipasi merebaknya COVID-19

Industri MICE lakukan antisipasi merebaknya COVID-19

Seorang petugas mengecek kebersihan benda-benda yang akan digunakan untuk sebuah acara sebuah gedung pertemuan di Jakarta, Rabu (18/3/2020). ANTARA/HO PT Culture Royale/am.

Kami sebagai manajemen mengambil langkah-langkah ekstra dalam melakukan tindakan preventif
Jakarta (ANTARA) - Industri penyedia jasa meeting, incentive, convention dan exhibition (MICE) di Jakarta, melakukan sejumlah antisipasi untuk menghindari merebaknya virus corona atau COVID-19.

Managing Director PT Culture Royale Indonesia Derrick Buntaran di Jakarta, Rabu, mengatakan upaya antisipasi tersebut dilakukan terkait pencegahan penularan COVID-19 di tempat yang penuh keramaian.

Langkah-langkah antisipatif tersebut dilakukan guna meminimalkan kekhawatiran klien atau pihak penyelenggara beberapa kegiatan seperti pernikahan, ulang tahun, sosial, konferensi, pertemuan, seminar, RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) dan lainnya, yang sedang berlangsung maupun akan berlangsung.

"COVID-19 merupakan hal yang serius yang perlu ditindaklanjuti secara serius. Kami sebagai manajemen mengambil langkah-langkah ekstra dalam melakukan tindakan preventif," katanya melalui keterangan tertulis.

Upaya antisipasi yang dilakukan yakni penyemprotan disinfektan secara rutin untuk memberikan kenyamanan dan bentuk tanggung jawab perusahaan kepada semua klien yang mengadakan acara di Samisara Grand Ballroom.

Kemudian memperhatikan kebersihan venue, mengecek kehigienisan barang yang diterima dari pemasok serta memperhatikan kebersihan pengolahan dan penyajian makanan.

Untuk pihak eksternal, tambahnya, dari pihaknya menginformasikan kepada penyelenggara agar tidak ada kegiatan jabat tangan sesama tamu undangan, menyediakan cairan pembersih tangan di pintu masuk dan keluar, menyiapkan petugas untuk mengukur suhu tubuh para tamu.

Terkait dampak merebaknya virus corona terhadap sektor MICE, tanpa menyebut angka pasti Derrick menyatakan sangat berpengaruh karena kegiatan-kegiatan yang mengundang peserta banyak dikurangi.

"Untuk itu kami akan terus berupaya untuk melakukan tindakan preventif yang direkomendasikan oleh pihak berwenang demi kenyamanan dan keselamatan semua klien dan staf kami," katanya.

Baca juga: Kinerja hotel di Jakarta banyak dipengaruhi MICE
Baca juga: BI: Potensi industri "MICE" di Jakarta harus dioptimalkan
Baca juga: Wisatawan MICE Indonesia ke Korea meningkat 50 persen

Pewarta: Subagyo
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Masjid dibuka kembali, ini fatwa MUI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar