Pangkalpinang (ANTARA) - Tim Banggar DPRD Kepulauan Bangka Belitung menyetujui usulan Program Penanggulangan Pandemik COVID-19 sebesar Rp25 miliar yang diajukan Pemprov Kepulauan Babel dalam mencegah penyebaran virus corona itu.

"Sumber pembiayaan program penanggulangan virus COVI-19 yang diusulkan dari pengelolaan Dana Insentif Daerah (DID) APBN yang ditransfer ke kas daerah," kata Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto, di Pangkalpinang, Rabu.

Baca juga: MPR dukung KPK awasi ketat dana bantuan tangani COVID-19

Ia mengatakan, dana itu di antaranya untuk membiayai peningkatan pengamatan, imunisasi, dan kesehatan situasi khusus, serta usulan pembiayaan anggaran operasional sekretariat gugus tugas pencegahan virus corona.

“Kami akan menjelaskan hal-hal yang telah disusun oleh tim untuk pembiayaan anggaran penangulangan virus corona, diantaranya untuk pembiayaan belanja kesehatan dan pembiayaan operasional Sekretariat Satgas Pencegahan COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Nikita Mirzani dan Rachel Vennya galang dana lawan corona

Menurut dia untuk anggaran belanja kesehatan situasi khusus, item yang menjadi prioritas dialokasikan pada belanja alat kesehatan yang sifatnya habis pakai, belanja bahan material, belanja jasa klaim kesehatan, pembiayaan, dan kegiatan lainnya yang terkait dengan penanganan Pandemik Virus Corona dan usulan insentif tenaga medis yang menangani pasien Covid-19.

"Alhamdulillah, Tim Banggar DPRD juga akan menyetujui penambahan dana anggaran untuk pembiayaan rehabilitasi ruang isolasi RSUP Ir Soekarno di Bangka Belitung merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk proses isolasi pasien yang terinfeksi virus corona," katanya.

Baca juga: Indef minta perusahaan nasional maksimalkan dana CSR perangi COVID-19

Ia menegaskan penyusunan anggaran berdasarkan hasil pembahasan dengan Satgas Pencegahan COVID-19 Babel yang dibentuk pemerintah provinsi yang disesuikan dengan kondisi real di lapangan, sehingga tepat sasaran dan tepat penggunaannya.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Fery Afrianto, mengatakan, total nilai pagu anggaran untuk program penanggulangan Pandemik COVID-19 sebesar Rp25 miliar.

Baca juga: DKI gelontorkan dana Rp54 miliar tanggulangi penyebaran COVID-19

"Ada tiga program yang disetujui dari hasil rapat tadi yakni untuk program kesehatan, pembiayaan operasional Satgas Pencegahan COVID-19 dan satu lagi penambahan untuk pembiayaan renovasi ruangan isolasi RSUP Soekarno Kepulauan Babel di Desa Air Anyir Bangka," katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020