Masih banyak petani yang mengikuti perkembangan udang hanya berdasarkan pada naluri sehingga teknologi ini pasti akan dapat membantu
Purwokerto (ANTARA) - Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) merancang teknologi yang dapat membantu para petani memantau pertumbuhan udang melalui ponsel pintar.

"Teknologi ini menggunakan internet dan android sebagai bagian dari sistem kerjanya. Sehingga para petani tambak bisa melakukan monitoring pertumbuhan udang melalui 'smartphone'," kata mahasiswa ITTP perancang teknologi pemantau udang, Evariditus Petra Fellymata di Purwokerto, Rabu.

Baca juga: Menteri Edhy ke pengusaha udang: Regulasi tidak akan semena-mena

Mahasiswa S1 Informatika itu mengatakan hal itu sebelum diuji kelayakannya di depan para dosen pembimbing dan penguji. Teknologi tersebut sebelumnya telah terlebih dahulu diuji langsung pada petani tambak udang vaname yang berada di Kabupaten Pemalang.

"Hasilnya sangat memuaskan bagi petani tambak udang," katanya.

Menurut dia, para petani di wilayah itu sangat antusias dengan adanya teknologi tersebut karena bisa membantu memantau pertumbuhan udang meskipun dari jarak jauh.

Baca juga: Pemerintah bakal bentuk pokja peningkatan ekspor udang

"Alasan kenapa dilakukan uji coba pada petani di Kabupaten Pemalang karena saya melihat dan menemukan keunikan. Masih banyak petani yang mengikuti perkembangan udang hanya berdasarkan pada naluri sehingga teknologi ini pasti akan dapat membantu," katanya.

Sementara itu, dosen ITTP Condro Kartiko mengatakan teknologi pemantau pertumbuhan udang vaname memiliki fungsi kerja mengukur tingkat kadar asam air (pH) dan intensitas cahaya kolam tambak.

Baca juga: Jatim kembangkan teknologi budidaya udang vanname super intensif

"Teknologi yang dirancang ini sangat inovatif dan menarik untuk dikembangkan, guna membantu para petani udang vaname pada era digital seperti sekarang ini," katanya.

Dia berharap teknologi tersebut akan berdampak positif untuk membantu masyarakat khususnya petani tambak.

Baca juga: KKP fokus tingkatkan teknologi untuk tambak udang rakyat

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020