Jakarta (ANTARA) - Berbagai teknologi yang ada saat ini memungkinkan orang untuk bekerja dari rumah, populer disebut working from home, saat pandemi virus corona, termasuk panggilan video atau video call.

Tapi, panggilan video untuk rapat jarak jauh dengan rekan-rekan di kantor bisa jadi menimbulkan tantangan ketika dilakukan di rumah, mulai dari suara bising sampai orang yang tidak sengaja lewat.

Berikut ini tips dari Google Indonesia agar video call dengan rekan kantor tetap terlaksana dengan baik meski pun sedang bekerja di rumah.

1. Atur tempat dengan benar
Pilih tempat dengan latar belakang tembok polos, jika ada. Hindari membelakangi jendela supaya tidak ada cahaya dari belakang.

Jika menggunakan laptop, taruh di tempat yang stabil. Memangku laptop bisa menyebabkan guncangan kecil yang bisa mengganggu fokus.

2. Undang teman
Jangan lupa untuk mengundang teman-teman yang akan diajak bergabung dengan panggilan video.

3. Suara tidak jelas? Aktifkan teks
Jika menggunakan Google Hangout Meet, pengguna bisa menyalakan fitur teks otomatis yang bisa menampilkan teks secara terkini (seperti subtitle di film). Fitur ini bisa ditemukan di bawah jendela Meet.

4. Tunjukkan sedikit kehidupan nyata
Bergantung pada budaya tempat bekerja, mungkin tidak ada salahnya menampilkan sedikit kehidupan nyata yang selama ini tidak terlihat di kantor, misalnya, biarkan anak melambai ke kamera.

Menunjukkan sedikit kehidupan di luar kantor diyakini bisa membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, bahkan menimbulkan empati tentang apa yang terjadi di luar pekerjaan.


Baca juga: WFH akibat corona, pemain "game online" di AS melonjak dan trafik naik

Baca juga: AI YouTube mungkin bermasalah selama pandemik virus corona

Baca juga: Apple, Google, Amazon blokir aplikasi tidak resmi tentang virus corona

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020