Surabaya (ANTARA) - Ratusan personel di Pemerintah Kota Surabaya dikerahkan dalam kegiatan penyemprotan disinfektan yang digelar di sejumlah titik Kota Pahlawan, Jatim, Rabu, dalam upaya mengantisipasi dan mencegah penularan COVID-19.

Koordinator Protokol Pemerintahan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan ada sekitar 300 personel yang dikerahkan dalam giat penyemprotan disinfektan terdiri dari jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), Satpol PP, BPB dan Linmas, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), Dinas Ketahanan Pagan dan Pertanian (DKPP), Dinas Sosial (Dinsos), serta Kasi Trantib di 31 kecamatan.

Baca juga: Destinasi wisata tiga Gili disemprot cairan disinfektan cegah corona

"Untuk Rabu ini penyemprotan berlangsung di wilayah Kecamatan Krembangan, Simokerto, dan Pabean Cantikan," katanya.

Eri mengatakan sebelumnya Pemkot Surabaya juga melakukan penyemprotan disinfektan di tiga wilayah kecamatan, Selasa (17/3) yakni Kecamatan Bulak, Kenjeran, dan Semampir. Setiap kecamatan tersebut, memiliki beberapa titik lokasi yang disesuaikan dengan daerah yang akan disentuh, terutama tempat ibadah dan sekolah.

"Penyemprotan disinfektan tidak hanya fokus pada bangunan, tapi juga taman-taman, lapangan olahraga, pedestrian, dan fasilitas umum lainnya yang kita lakukan (penyemprotan)," katanya.

Pria yang menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini menjelaskan, penyemprotan yang berlangsung Rabu ini, juga menyasar sekolah-sekolah jenjang SD/SMP meliputi 25 sekolah di wilayah Kecamatan Pabean Cantikan, 37 sekolah di wilayah Kecamatan Simokerto dan 56 sekolah di wilayah Kecamatan Krembangan Surabaya.

Baca juga: LIPI akan tutup sementara empat kebun raya cegah penularan COVID-19

"Karena penyemprotan di wilayah Kecamatan Kenjeran kemarin banyak titik lokasinya, maka hari ini ada sebagian lagi (petugas) yang ke sana," ujarnya.

Para personel yang terlibat dalam giat penyemprotan disinfektan ini juga terbagi menjadi beberapa tim. Eri menjelaskan, untuk fasilitas umum, pedestrian dan taman, penyemprotan dilakukan oleh petugas dari DKRTH.

Untuk lapangan olahraga dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya, sedangkan di lingkungan sekolah dan tempat ibadah, jajaran dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinsos (Dinas Sosial). Sementara itu, untuk bangunan gedung milik pemkot, dilakukan Satpol PP dan Linmas.

"Penyemprotan disinfektan juga berlangsung di 81 Pasar yang dikelola PD Pasar Surya yang dilakukan oleh rekan-rekan dari DKPP," kata Eri.

Sementara itu, Eri menambahkan, penyemprotan disinfektan di Gereja, bakal dilaksanakan pada Kamis dan Jumat sebab ibadah di Gereja berlangsung di Minggu.

"In syaa Allah, Kamis dan Jumat penyemprotan di gereja selesai," katanya.

Baca juga: Dinkes Lampung benarkan satu pasien positif COVID-19
Baca juga: Destinasi wisata Baduy ditutup akibat corona
Baca juga: Unair klaim segera temukan vaksin COVID-19

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020