Orangtua harus mengingatkan anak-anaknya untuk selalu menjaga kebersihan dan sebaliknya. Jadi pencegahan sudah dilakukan sejak dari rumah dan menjadi kebiasaan yang baik bagi masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Ahmad Muzani mengingatkan masyarakat untuk memperkuat peran keluarga dalam mencegah penularan virus Corona (Coronavirus Disease 2019/ COVID-19).

Muzani mengatakan masing-masing anggota keluarga harus dapat saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

"Orangtua harus mengingatkan anak-anaknya untuk selalu menjaga kebersihan dan sebaliknya. Jadi pencegahan sudah dilakukan sejak dari rumah dan menjadi kebiasaan yang baik bagi masyarakat," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Baca juga: Setjen MPR ambil langkah pencegahan COVID-19

Selain itu, Muzani juga mengingatkan masyarakat agar tetap tenang dan waspada dalam menghadapi situasi wabah virus yang juga dinamakan SARS-COV 2 itu.

Sebab, beragam langkah pencegahan kini telah digiatkan pemerintah, baik Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah.

Namun, masyarakat diminta untuk turut serta melakukan langkah pencegahan di antaranya lewat social distancing atau menjaga jarak dari keramaian dan berdiam diri di rumah.

"Social distancing yang kini diterapkan pemerintah harus dipatuhi seluruh masyarakat," kata dia.

Selain itu, langkah antisipasi lainnya adalah menerapkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kegiatan berkumpul dalam jumlah massa yang banyak. "Hindari kumpul-kumpul dalam jumlah banyak," tutur Muzani.

Ia menambahkan, keluarga harus dapat menjaga diri dan keluarga masing-masing agar mengikuti arahan bekerja dan belajar dari rumah dengan baik.

Baca juga: Ketua MPR: Utamakan nilai kegotongroyongan hadapi COVID-19

"Imbauan kerja di rumah dan meliburkan anak-anak sekolah jangan justru dijadikan kesempatan untuk berwisata. Itu yang salah, tetap fokus menjadi duta dalam pencegahan virus Corona," kata dia.

Lebih lanjut dipaparkannya, bangsa Indonesia kini tengah diuji. Sehingga, rakyat Indonesia tidak boleh saling menyalahkan.

MPR RI akan terus mendorong pemerintah untuk melakukan upaya penanggulangan secara optimal dalam mencegah penyebaran virus Corona.
​​​​​​
Pemerintah juga harus fokus pada pemberdayaan ekonomi, agar roda perekonomian terus bergerak.

"Kita hadapi bersama sebagai bangsa yang kuat, bergotong royong dalam menghadapi situasi yang tidak mudah ini," tukas Muzani.

Baca juga: MPR dukung kebijakan perketat kunjungan WNA ke Indonesia

Baca juga: MPR dukung KPK awasi ketat dana bantuan tangani COVID-19

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020