belum ada pengiriman barang kembali
Jakarta (ANTARA) - Gula pasir di sejumlah toko jaringan retail waralaba modern Jakarta Pusat sudah kosong atau langka sejak sepekan terakhir, bahkan pada beberapa gerai, sejak sebulan lalu sudah tidak ada pasokan komoditas itu.

Petugas penjualan Indomaret terletak di Jalan Kramat Pulo Dalam, Jakarta Pusat, Rabu, Asep Kuryanto, mengatakan stok gula pasir sudah kosong sejak satu minggu yang lalu dan belum ada pengiriman barang kembali.

"Ketika stok ada juga emang cepat habis, langsung dibeli banyak sama ibu-ibu, sejak soal virus Corona banyak diberitakan," kata Asep.

Asep juga mengatakan jika dirinya belum mengetahui kapan gula pasir tersebut akan dikirim kembali.

Tak hanya gula pasir, stok telur ayam di Alfamart juga kosong, hal tersebut diakibatkan karena belum adanya pengiriman barang kembali.

"Sejak dua hari yang lalu kosong dan sekarang belum ada pengiriman lagi, hari ini atau besok mungkin baru akan dikirim lagi," kata petugas penjualan Alfamart Kramat Pulo 2 di Jalan Kramat Pulo, Sultan Nasution.

Sementara untuk bahan pokok lain, seperti minyak goreng dan beras yang di jual di kedua gerai itu stoknya masih tersedia seperti untuk minyak goreng mulai dari harga Rp11.000 hingga Rp32.000,  sedangkan untuk beras dengan berat kemasan lima kilogram, dijual mulai dari harga Rp64.000 hingga Rp88.000

Sudah sebulan

Hal serupa juga terjadi di beberapa gerai lain seperti di Indomart Jl. Letjen Soeprapto No. 1 dan Alfamart Jl. Letjen Soeprapto 2 No. 3, Kelurahan Galur, Jakarta Pusat.

"Gula pasir kosong, belum ada yang masuk lagi dari distributor," kata salah satu petugas Indomart, Hilda Oktaviani.

Baca juga: Penjualan toko retail dibatasi di Jakarta cegah "panic buying"

Baca juga: Polda Metro deteksi indikasi penimbunan masker oleh toko daring

Baca juga: Masyarakat diminta tidak borong barang kebutuhan di toko modern


Ia tidak tahu secara pasti kapan stok gula tersedia lagi karena sudah kurang lebih satu bulan tidak menjual gula.

"Gak tahu tuh, kurang lebih udah sebulan gak jual gula," kata Hilda.

Begitu pula dengan Alfamart, ketersediaan gula pasir kosong dengan alasan yang serupa. Petugas di ritel tersebut mengatakan belum ada informasi soal ketersediaan stok gula pasir.

"Gak tahu tuh kapan adanya, belum ada informasi ada info masuk," kata petugas Alfamart, Sendy Nur Illahi.

Ia juga, mengatakan, ketersediaan gula pasir langsung cepat habis dibeli konsumen saat ada barang masuk.

Untuk sembako seperti minyak dan beras masih tersedia di Indomart. Beras seberat lima kilogram, jenis pulen wangi premium dijual seharga Rp 62.500 dan beras larrist premium dijual seharga Rp62.900.

Minyak goreng Sania dua liter dijual seharga Rp23.300 promo hingga 24 Maret 2020, sedangkan di Alfamart minyak goreng Sania dua liter dijual seharga Rp23.900 dan minyak goreng Fortune dua liter seharga Rp23.700, keduanya promo hingga 31 Maret 2020.

Pewarta: Edy Sujatmiko, Mochamad Firdaus dan Windi Tri Aprilia
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020