Kalau ada perubahan nanti disampaikan
Manado (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut) Herwyn Malonda mengatakan pelantikan dan pembekalan panwaslu kelurahan, desa di provinsi ini masih sesuai dengan jadwal yang diagendakan.

"Kegiatannya masih sesuai dengan rencana," kata Herwyn, di Manado, Rabu.

Ia mengatakan pelaksanaan pelantikan untuk Panwaslu Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Minahasa Utara pada Jumat (20/3).

Sedangkan untuk sebelas daerah lainnya pada 5 April 2020.
Baca juga: Gubernur Olly tegaskan dirinya tak menghalangi proses pilkada Talaud

Sebelas daerah itu masing-masing Kabupaten Minahasa, Minahasa Tenggara, Kepulauan Talaud, Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kota Bitung.

Kemudian Kabupaten Bolaang Mongondow, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

"Kalau ada perubahan nanti disampaikan," katanya lagi.

Terkait dengan kondisi wilayah masing-masing dikaitkan dengan upaya mencegah penyebaran Virus Corona, ia mengatakan, pelantikan panwaslu kelurahan desa oleh panwascam tidak boleh dikumpulkan di kabupaten atau kota.

Dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran virus, untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat.

Pembekalan atau bimtek diupayakan dilakukan melalui media yang ada, penyebaran modul atau alat kerja pengawasan dalam bentuk soft copy.
Baca juga: BPjamsostek-Bawaslu Sulut Lindungi 11.000 Pengawas Pilkada

Sulut pada tahun 2020 akan melaksanakan pilkada serentak terdiri dari Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara, Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon.

Lalu, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020