Liga Inggris

Liga Premier bahas opsi kelanjutan kompetisi musim ini

Liga Premier bahas opsi kelanjutan kompetisi musim ini

Derby County vS Manchester United pada 5 Maret 2020. Liga Inggris bertemu jarak jauh Kamis ini untuk membahas opsi kelanjutan kompetisi. Beberapa klub ingin segera bertanding lagi, ada yang meminta diperpendek, dan ada yang mengusulkan batal demi hukum. (Action Images via Reuters/CARL RECINE)

Jakarta (ANTARA) - Klub-klub Liga Premier Inggris akan menggelar konferensi video di antara mereka Kamis ini ketika mereka berusaha mencari cara untuk menuntaskan musim yang ditunda itu dan menghadapi dampak finansial akibat pandemi virus corona.

Ketika ada beberapa klub yang mendesak untuk segera bertanding lagi sekalipun dalam kondisi stadion tanpa penonton, beberapa klub yang lain meminta musim ini diperpendek atau bahkan ada yang mengusulkan batal demi hukum.

Namun demikian ada juga motif kuat untuk menuntaskan sisa kompetisi secara lengkap.

"Mereka ingin semua pertandingan dimainkan jika semua itu memungkinkan," kata seorang sumber industri sepak bola kepada Reuters di Manchester, Kamis WIB.

Baca juga: Liga Inggris dihentikan hingga 4 April

Pekan lalu semua pertandingan elite di Inggris, termasuk Liga Premier, Liga Sepak Bola (EFL) dan Liga Super Putri (WSL), ditunda sampai 4 April.

Setelah non liga dan sepak bola amatir serta muda juga akhirnya menunda permainan, maka sepak bola Inggris kini sudah sama sekali mati.

Selasa pekan ini UEFA memilih memundurkan turnamen Euro 2020 tahun depan untuk memberi ruang kepada kompetisi domestik menuntaskan musim, jika situasi pandemi terus berlangsung.

Baca juga: Euro 2020 diundur setahun

Liga Premier berusaha menuntaskan kompetisi karena hal ini berkaitan dengan promosi dan degradasi divisi serta kualifikasi Eropa. Juga ada kaitannya dengan mematuhi kontrak dengan pemegang hak siar sesuai dengan kontrak mereka.

Masalah lainnya adalah kontrak pemain yang berakhir Juni, sekalipun FIFA menyatakan akan mempelajari kemungkinan adanya dispensasi.

Masalah yang dihadapi klub-klub Liga Premier adalah perbedaan status keuangan klub, apalagi jika dibandingkan dengan klub-klub divisi rendah

Baca juga: Cara pemain Liga Inggris isi waktu selama jeda corona
Baca juga: Solskjaer maklumi bila musim ini dipersingkat karena virus corona

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar