Gowa siap fasilitasi pemulangan 8.694 peserta Ijtima Asia

Gowa siap fasilitasi pemulangan 8.694 peserta Ijtima Asia

Ribuan peserta Ijtima Ulama 2020 Zona Asia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. ANTARA/HO/int

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa siap memfasilitasi pemulangan peserta Ijtima se-Asia yang jumlahnya mencapai 8.694 peserta, menyusul upaya pencegahan penyebaran virus corona baru atau cCOVID-19.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni di Makassar, Sulsel, Kamis menyampaikan bahwa pagi ini  Pemerintah Kabupaten Gowa akan melakukan rapat koordinasi terkait mekanisme pemulangan ribuan peserta Ijtima se-Asia tersebut.

Baca juga: Wartawan Kediri komitmen kontrol informasi tentang virus corona

"Kita baru akan rapatkan secara cepat yang melibatkan lintas sektor, seperti Dinas Kesehatan dan kepolisian untuk pemulangan mereka," kata Arifuddin.

Terkait armada yang akan digunakan peserta, Arifuddin mengatakan juga masih akan dikoordinasikan pada rapat. Sembari menunggu data riil dari pihak panitia terkait jalur pemulangan peserta.

"Kita juga menunggu dari pihak panitia, berapa peserta yang akan kembali menggunakan pesawat maupun kapal laut," ujarnya.

Baca juga: IAIN Jember terapkan kuliah daring antisipasi COVID-19

Dia menyebutkan data terakhir peserta terus bertambah hingga kemarin, Rabu (18/03) mencapai 8.694 orang, terdiri dari sembilan negara dan 26 provinsi di Indonesia. Adapun sembilan negara tersebut yakni Malaysia, Brunei Darussalam, Pakistan, India, Thailand, Timour Leste, Arab Saudi, Bangladesh dan Philipina.

Ijtima Asia ini rencananya akan digelar di Pakatto Kec.Bontomarannu Kabupaten Gowa pada 19-22 Maret untuk mempertemukan umat Muslim dunia zona Asia 2020.

Sebelumnya, Bupati Gowa, Adnan Purichta telah berkoordinasi dengan pihak panitia dan meminta agar peserta tetap berada di area kegiatan, tidak membiarkan ke luar dari area untuk memudahkan proses pemulangan.

Arifuddin menambahkan, mengenai kebutuhan kendaraan untuk proses pemulangan, Pemerintah Kabupaten Gowa akan maksimalkan armada yang ada dan segera dalam waktu cepat akan mengosongkan tempat itu.

Baca juga: Antisipadi corona, Kota Sabang perketat pengawasan di pelabuhan
Baca juga: Satu warga Samarinda positif corona pernah ikuti pertemuan di Bogor
Baca juga: Angkasa Pura II Jambi rekayasa pembatasan jarak antrean

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tingkat kesembuhan COVID-19 di 9 provinsi lebih dari 80%

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar