Saya harap pada April Tol Pekanbaru - Dumai dan Manado - Bitung sampai Danowudu sudah selesai konstruksinya ...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan tiga ruas tol siap dioperasikan menjelang arus mudik Lebaran 2020.

Tiga ruas tol yang sudah dilakukan uji laik fungsi dan siap untuk dioperasikan tersebut adalah Tol Manado - Bitung Seksi I, Tol Pekanbaru - Dumai dan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Seksi Kayu Agung - Jakabaring).

“Saya harap pada April 2020 Tol Pekanbaru - Dumai dan Manado - Bitung sampai Danowudu sudah selesai konstruksinya sehingga bisa beroperasi mendukung kelancaran lalu lintas saat mudik Lebaran 2020,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kementerian PUPR harapkan konstruksi jalan Mandalika mulai Mei 2020

Pertama, ruas Tol Manado - Bitung dengan total panjang 39 km. Progres pembangunan Seksi I (Manado - Airmadidi) sepanjang 14 km telah mencapai 100 persen, baik lahan dan fisik. Seksi 2A (Airmadidi - Kauditan) sepanjang 6,5 km progres fisik 98,16 persen dan lahan 99,61 persen, ditargetkan selesai pada April 2020. Seksi 2B (Kauditan- Bitung) sepanjang 18,5 km progres fisik 45,59 persen dan progres lahan 97,25 persen, ditargetkan selesai pada akhir Desember 2020.

Pembangunan Tol Manado - Bitung bertujuan untuk mengurangi biaya logistik dari dan menuju ke Pelabuhan Internasional Bitung. Keberadaan tol ini juga akan mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan pendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Manado – Bitung – Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh. Tol ini akan memangkas jarak tempuh yang tadinya 90 menit menjadi 30 menit saja.

Kedua adalah Tol Pekanbaru - Dumai sepanjang 131 km. Progres pembangunan Seksi I (Pekanbaru - Minas) sepanjang 9,5 km telah mencapai 100 persen baik fisik maupun lahan. Sementara Seksi 2 - 6 sepanjang 120,9 km progres fisik telah mencapai 89,19% dan lahan 94,26 persen, ditargetkan selesai pada akhir April 2020.

Baca juga: Hutama Karya sosialisasi cegah wabah corona ke petugas tol di Sumatera

Kehadiran tol ini akan meningkatkan konektivitas Kota Pekanbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju. Presiden Jokowi juga mengatakan kehadiran tol ini akan mempercepat mobilitas orang dan logistik sehingga meningkatkan daya saing sekaligus stok infrastruktur nasional.

"Tol ini akan memperpendek jarak tempuh antara Pekanbaru - Dumai menjadi 131 kilometer di mana melalui jalan nasional jaraknya 200 kilometer. Lalu lintas harian rata-rata (LHR) pada Trans Sumatera mencapai 75 persen dari Feasibility Study, ini lebih tinggi dari tol Trans Jawa," kata Menteri PUPR.

Menurut Menteri Basuki, truk pengangkut bahan seperti sawit bisa pindah menggunakan jalan tol dengan pertimbangan hitungan waktu. Dengan tol ini, pengguna dapat menghitung waktu perjalanan bahan dari asal sampai ke pabrik.

Ketiga adalah Tol Kayu Agung - Palembang - Betung Seksi Kayu Agung - Jakabaring sepanjang 33,5 km di mana progres fisik dan lahan sudah mencapai 100 persen. Ruas tol ini juga siap digunakan oleh publik dan dioperasionalkan sebelum mudik Lebaran 2020. Sedangkan Seksi Jakabaring - Jalintim Sumatera sepanjang 9 km progres fisiknya telah mencapai 52,45 dan lahan 100 persen, ditargetkan selesai Desember 2020. Seksi 2 dan 3 (Jalintim - Betung) sepanjang 69,19 persen progres fisik telah mencapai 22,15% dan lahan 59,69 persen.
Baca juga: Luhut minta Kemenhub kaji opsi mudik di tengah merebaknya COVID-19

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020