Kemarin, KCI bantu warga kejang hingga TPU Tanah Kusir bantah ditutup

Kemarin, KCI bantu warga kejang hingga TPU Tanah Kusir bantah ditutup

Tangkapan layar petugas PJLP TPU Tanah Kusir memasang spanduk berisi informasi TPU ditutup sementara, foto tersebut beredar di pesan grup instans, Rabu (18/3/2020) (ANTARA/HO-Pokja Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Banyak peristiwa menarik yang terjadi pada Rabu (18/3) di Ibu Kota Jakarta, mulai dari KCI bantu warga yang kejang di Stasiun Pondok Cina dan tepis terkait COVID-19 hingga Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan membantah TPU Tanah Kusir ditutup karena COVID-19.

Berikut Redaksi Metropolitan LKBN ANTARA merangkumkan berita kemarin yang masih relevan untuk anda baca pagi ini, klik judul untuk membaca lebih lanjut:

1. KCI bantu penumpang kejang di Stasiun Pondok Cina tepis isu COVID-19

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) membantu penumpang yang mengalami kejang pada saat Kereta Rel Listrik (KRL) tujuan akhir Bogor memasuki Stasiun Pondok Cina pada pukul 21.00 WIB, Rabu.

"Setelah mendapat perawatan di pos kesehatan, pengguna mengaku memiliki riwayat sakit lambung, dan malam itu yang bersangkutan telat makan. Usai diberi air hangat dan obat, penumpang tersebut pulih, kemudian keluar dari stasiun untuk melanjutkan perjalanan pulang," kata VP Corporate Communications KCI Anne Purba dalam keterangan tertulisnya.

Anne menyayangkan penumpang lainnya yang mempublikasikan serta menyebarkan berita tidak benar terhadap penumpang berbaju biru itu karena dikait- kaitkan dengan wabah pandemi virus corona (COVID-19).

2. Disnaker DKI imbau perusahaan lakukan langkah pencegahan COVID-19

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta Andri Yansah mengimbau kepada para pimpinan perusahaan agar mengambil langkah pencegahan penularan virus corona di lingkungan usaha yang terdiri dari tiga kategori.

Pertama, perusahaan untuk sementara waktu dapat menghentikan seluruh kegiatan usahanya. Kedua, perusahaan untuk sementara waktu dapat mengurangi sebagian kegiatan usahanya (sebagian karyawan waktu dan fasilitas operasional).

"Ketiga, perusahaan yang tidak dapat menghentikan kegiatan usahanya karena bidang usahanya berhubungan dengan pelayanan kesehatan, kebutuhan bahan bahan pokok dan BBM, namun harus menyiapkan langkah-langkah antisipasinya seperti penyediaan sanitizer dan terus memantau kondisi karyawannya," kata Andri Yansah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

3. Permintaan penyemprotan disinfektan tinggi di Jaksel

Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan menyebutkan permintaan penyemprotan disinfektan tinggi dari masyarakat dan instansi di wilayah itu untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Hari ini saja kami sudah punya 32 daftar tunggu lokasi yang minta disemprot disinfektan," kata Kepala Markas PMI Jakarta Selatan Muhammad Adnan saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Adnan mengatakan PMI Jakarta Selatan telah bergerak melayani penyemprotan disinfektan sejak Minggu (15/3) dengan sasaran tempat ibadah, sekolah, kantor pemerintahan, fasilitas umum dan fasilitas sosial.

4. Pemprov DKI pastikan sejalan dengan Pemerintah Pusat atasi COVID-19

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan langkah penanganan potensi penyebaran COVID-19 di Ibu Kota akan sejalan dan terus berkoordinasi dengan tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Pusat.

"Tadi kita membahas terkait dengan itu juga (COVID-19), memastikan langkah-langkah DKI sejalan dengan strategi dan taktik dalam menghadapi ini dipimpin Kepala BNPB. Kita pastikan koordinasi berjalan dengan baik. Insya Allah kita bisa kendalikan ini dengan sebaik-baiknya, " kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) usai melakukan presentasi penanganan COVID-19 di Ibu Kota, Rabu.

5. Sudin Pertamanan Jaksel tutup pelayanan administrasi dan ziarah TPU

Suku Dinas Pertamana dan Hutan Kota Jakarta Selatan memberlakukan penutupan layanan administrasi izin penggunaan tanah makam atau IPTM dan ziarah di enam zona tempat pemakaman umum (TPU) guna mencegah penyebaran virus corona.

"Jadi bukan TPU ditutup. Hanya untuk ziarah dan administrasi penggunaan tanah makam saja yang ditutup," kata Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan Winarto saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ibunda SBY dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar