Jakarta (ANTARA) - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo memerintahkan seluruh jajaran untuk menghentikan razia pemeriksaan kelengkapan dokumen kendaraan guna menghindari penyebaran virus corona (COVID-19).

"Razia sudah saya suruh berhentikan," kata Sambodo di Jakarta, Kamis.

Selain itu, Sambodo juga meminta jajaran polisi lalu lintas mengurangi tindakan bukti pelanggaran (tilang) terhadap pengendara yang melanggar.

Sambodo menekankan tilang diberlakukan terhadap pelanggaran yang terlihat secara kasat mata dan membahayakan lalu lintas atau masyarakat.

Baca juga: Polda Metro catat penurunan arus kendaraan ke luar Jakarta

Pelanggaran yang diambil tindakan tilang seperti melawan arus, jalur busway dan tidak menggunakan helm.

Diungkapkan Sambodo, penghentian tindakan razia dan pengurangan tilang untuk menghindari penumpukkan massa sidang pelanggaran lalu lintas di pengadilan.

"Untuk menghindari COVID-19 dan kedua mencegah penumpukkan massa di sidang pengadilan, karena biasanya ada kerumunan," ujar Sambodo.

Sambodo menuturkan polisi juga berempati terhadap masyarakat terkait penyebaran COVID-19 karena dalam kondisi kesulitan tidak memungkinkan petugas melaksanakan razia.

Dirlantas Polda Metro Jaya juga menyebutkan pihaknya mengedepankan teguran dan edukasi bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan.
Baca juga: Cegah COVID-19, Ditlantas Polda Metro tetap prioritaskan pelayanan

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020