Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu mengimbau masyarakat untuk belajar dan bekerja dari rumah, yang populer dengan istilah work from home (WFH), selama pandemik virus corona.

Beberapa perusahaan sudah menerapkan kebijakan WFH, terlihat dari pergeseran lalu lintas data internet ke wilayah perumahan selama jam kerja.

Baca juga: Lalu lintas data internet melonjak sejak kerja dari rumah

Baca juga: Agar tak stres kerja dari rumah gara-gara COVID-19


Situasi bekerja di rumah tentu akan berbeda dengan saat berada di kantor. Situs Pegipegi memberikan beberapa cara yang bisa diterapkan agar tetap produktif meski pun bekerja dari rumah.

1. Tetapkan jam kerja
Untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif saat bekerja dari rumah, mulai dengan menerapkan jam kerja yang sama ketika berada di kantor. Gunakan waktu yang biasanya digunakan untuk bersiap-siap ke kantor menjadi kegiatan lain, misalnya menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah.

Suasana bekerja juga bisa dibangun lewat tempat, sebisa mungkin hindari bekerja dari tempat tidur. Menggunakan pakaian yang sama ketika bekerja di kantor juga dipercaya bisa membantu mengubah suasana bekerja dari rumah.

2. Komunikasi dengan keluarga
Tidak semua orang paham konsep bekerja dari rumah, terutama anak-anak. Beri tahu kondisi kepada keluarga, mungkin juga tetapkan jam berapa saja tidak bisa diganggu.

Siapkan kegiatan untuk anak-anak, misalnya menggambar, menonton film, selama orang tua bekerja dari rumah. Jika memungkinkan, minta bantuan orang lain, misalnya pengasuh, untuk menjaga anak selama orang tua bekerja dari rumah.

3. Komunikasi dengan rekan kantor
Meski pun bekerja dari rumah, jalin komunikasi dengan rekan-rekan di kantor untuk memberikan perkembangan tentang proyek yang sedang dikerjakan. Aktifkan notifikasi email, aplikasi obrolan dan nada dering ponsel agar komunikasi dengan kantor berjalan lancar.

4. Jam istirahat
Jangan lupa menetapkan waktu istirahat saat bekerja di rumah, yang mungkin terlupa karena terlihat seperti tidak sedang bekerja. Selain makan siang, pertimbangkan untuk melakukan peregangan di sela-sela waktu kerja.

Baca juga: Imbau kerja dari rumah, Asosiasi pastikan layanan fintech tetap normal

Baca juga: Karyawan Facebook dan Google di Silicon Valley kerja dari rumah

Baca juga: Twitter wajibkan pegawai kerja dari rumah karena virus corona

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020