... kecepatan dan ketepatan penanganan menjadi kunci memerangi pandemi COVID-19."
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah perusahaan di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Yayasan Buddha Tzu Chi menggalang donasi untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 yang dikoordinasikan bersama Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Penggalangan dana guna donasi peralatan kesehatan bagi para tenaga medis ditargetkan dapat mencapai senilai Rp500 miliar.

"Seluruh penyaluran donasi berikut perusahaan yang berpartisipasi akan dilaporkan kepada Presiden secara berkala, dan kami terus berupaya mengimbau anggotanya agar ikut berperan aktif dalam kegiatan ini," kata Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Siaga Corona hingga Mei, Kadin sebut bahan baku farmasi terkendala

Donasi bertahap yang digalang Yayasan Tzu Chi akan berbentuk peralatan uji cepat (rapid test kit) sebanyak 1 juta buah, 20 ribu baju isolasi (coverall safety), 4 unit alat bantu pernapasan (ventilator), termasuk sejuta masker.

"Kami mendapatkan informasi bahwa kecepatan dan ketepatan penanganan menjadi kunci memerangi pandemi COVID-19. Itu yang mendorong sinergi dilakukan melalui penggalangan dana guna memberikan bantuan alat kesehatan," kata relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sekaligus CEO DAAI TV Indonesia Hong Tjhin selepas melakukan penyerahan simbolis kepada Ketua PBNU Bidang Kesehatan yang juga Pembina Tim COVID-19 PBNU, dr. Syahrizal Syarif.

Sejumlah perusahaan yang akan berdonasi, diantaranya Sinar Mas, PT Adaro Energy Tbk, Artha Graha Peduli Foundation, PT Djarum, Agung Sedayu Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Puradelta Lestari Tbk, beserta Triputra Group.

Pada Kamis ini, KADIN bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia juga memberikan bantuan untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, RSPAD Gatot Subroto, dan RSUP Persahabatan.

Sementara itu, pada Rabu (18/3) lalu, Yayasan Tzu Chi telah menyerahkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) seperti baju isolasi, masker, kacamata, sarung tangan, juga ventilator bagi Kementerian Kesehatan berikut beberapa rumah sakit, seperti RSPAD Gatot Soebroto, RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan.

"Dukungan lain yang dapat kita berikan adalah mengikuti semua arahan pemerintah, seperti melakukan pembatasan interaksi dengan pihak lain (social distancing) dan mengedepankan pola hidup sehat," imbuh Hong Tjhin.

Baca juga: Kadin tunda "Dodolan Bareng UMKM" di Borobudur antisipasi COVID-19
Baca juga: Kadin minta relaksasi pajak diperluas ke semua industri

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2020