pemkab sangat fokus dalam pengembangan SPR ini karena sektor perternakan menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Muba,
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menggandeng Institut Pertanian Bogor mengembangkan Sekolah Peternakan Rakyat di seluruh kecamatan di daerah tersebut.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza di Sekayu, Jumat, mengatakan, untuk tahap awal Musi Banyuasin (Muba)-IPB bekerja sama untuk membangun SPR di Kecamatan Lais dan Plakat Tinggi.

“Sebenarnya, ini bukan yang pertama. Sebelumnya Muba sudah mengembangkan SPR di Kecamatan Sungai Lilin, bahkan pada Oktober 2018 pernah terpilih mewakili SPR Indonesia di Forum Internasional di Wina-Austria,” kata Dodi.

Baca juga: Pemprov Sumsel akan jadikan OKU Timur lumbung sapi

Ia mengatakan pemkab sangat fokus dalam pengembangan SPR ini karena sektor perternakan menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Muba.

Oleh karena itu, pemkab berkeinginan lahirnya sistem peternakan yang unggul dan modern serta berkelanjutan.

"SPR ini memiliki sistem kelembagaan yang sangat kuat dengan bisnis satu pintu administratif, pemanfaatan teknologi, dan pemasaran. Ini yang membuat kami yakin bisa membuat masyarakat berkembang,” kata dia.

Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian Agik Suprayogi mengatakan dalam kerja sama ini IPB akan mendorong penerapan perternakan modern yang menyesuaikan dengan era industri 4.0 sesuai dengan hasil dari Penelitian Institusi Agromaritim 4.0 IPB (PIAmar4.0 IPB) yang menjadi program kerja Rektor IPB.

“Peran kami di sini adalah membangun konsep serta mengimplementasikan penelitian dan inovasi, sedangkan pemda berperan untuk menyediakan kebijakan, APBD, akses komunikasi dan infrastruktur. Jika kerja sama ini terjalin dengan baik maka dalam tiga tahun akan muncul peternakan modern di Muba,” kata dia.
Baca juga: Sarjana peternakan diharapkan miliki daya saing tingkat global

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020