Satgas Pangan NTB pastikan tidak ada penimbunan bahan pokok

Satgas Pangan NTB pastikan tidak ada penimbunan bahan pokok

Anggota Satgas Pangan NTB ketika melakukan sidak di Hypermart Lombok Epicentrum Mall, Mataram, NTB, Jumat (20/3/2020). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Nusa Tenggara Barat, memastikan tidak ada aktivitas penimbunan bahan pokok di tengah status siaga darurat bencana nonalam Corona Virus Disesase 2019 (COVID-19).

Hal tersebut dipastikan berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak) Satgas Pangan NTB ke sejumlah pasar tradisional dan ritel modern di wilayah Kota Mataram, Jumat.

"Setelah kita cek, dapat dipastikan tidak ada penimbunan kebutuhan bahan pokok," kata Kasatgas Pangan NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana Putra yang ditemui usai sidak bahan pokok di Mataram.

Kemudian terkait kabar kelangkaan salah satu bahan pokok, yakni gula, Satgas Pangan NTB telah memeriksa ke salah satu gudang distributor yang berada di kawasan Pasar Tradisional Mandalika, Kota Mataram.

"Gulanya memang baru ada yang datang dari PT SMS (pabrik industri penghasil gula di Kabupaten Dompu), jadi stok sekarang masih bisa menyuplai kebutuhan sampai beberapa bulan ke depan," ujarnya.

Baca juga: Satuan Tugas Pangan NTB pantau stabilitas harga pasar

Lebih lanjut, perihal stok gula yang baru dikirim dari wilayah Dompu ini, Satgas Pangan NTB meminta agar pendistribusian ke pasar tradisional segera dilakukan.

"Sudah kita sarankan untuk segera pasarkan supaya bisa menutupi kabar kelangkaannya," kata pejabat Polri melati tiga yang masih aktif menjabat Dirreskrimsus Polda NTB tersebut.

Sedangkan untuk ketersediaan gula di retail modern, dikatakan bahwa stoknya memang masih terbatas karena menunggu pengiriman dari pusat.

"Jadi stok gula untuk ritel modern, kabarnya pekan depan sudah datang," ucapnya.

Baca juga: ACT salurkan 1.600 paket pangan gratis korban gempa pulau Lombok

Baca juga: NTB dorong pemanfaatkan dana desa tingkatkan skor PPH

Baca juga: Satgas Pangan NTB awasi persediaan bahan pokok

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemprov NTB pastikan stok pangan tercukupi selama karantina rumah berlangsung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar