Penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan pada area Pelabuhan Ulee Lheue, tempat ibadah dan tempat-tempat umum lainnya
Banda Aceh (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banda Aceh melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh bagian Pelabuhan Ulee Lheue dalam upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19.

"Penyemprotan disinfektan ini merupakan inisiatif kami dalam upaya mencegah penyebaran virus COVID-19," Kata Kepala Cabang Express Bahari Bambang Irawan di Banda Aceh, Jumat.

Dia menjelaskan penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan pada area Pelabuhan Ulee Lheue, tempat ibadah dan tempat-tempat umum lainnya.

Selain areal Pelabuhan Ulee Lheue, ia mengatakan penyemprotan cairan disinfektan juga akan dilakukan di dalam kapal Express Bahari.

Ia menjelaskan setelah melakukan penyemprotan di Pelabuhan Ulee Lheue, pihaknya juga akan melakukan penyemprotan di Pelabuhan Balohan Kota Sabang.

"Kita juga menyediakan hand sanitizer di dalam kapal dan membersihkan bagian dalam kapal agar tetap steril dalam upaya antisipasi penyebaran virus COVID-19 ," katanya.

Sementara itu Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue M Isa mengatakan dalam sepekan terakhir jumlah wisatawan ke Sabang menurun seiring merebaknya virus corona.

"Biasanya satu kapal yang berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Sabang sampai 300 penumpang. Sejak adanya virus COVID-19 ini keterisian kapal sekitar 80 penumpang bahkan hanya 40 penumpang yang berangkat ke Sabang," demikian M Isa.

Baca juga: Cegah penyebaran COVID-19, bus di Aceh disemprot antiseptik

Baca juga: Antisipadi corona, Kota Sabang perketat pengawasan di pelabuhan

Baca juga: Enam PDP COVID-19 dirawat di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh

Pewarta: Zubaidah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020