Sebelumnya Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan para pengusaha di bawah Kamar Dagang Indonesia bersinergi menggalang dana untuk didonasikan kepada petugas medis yang tengah menghadapi COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menerima bantuan alat pelindung diri (APD) dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk membantu petugas medis menangani pademi COVID-19.

Relawan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan 100 baju isolasi dan 4.000 masker secara simbolis kepada Kepala Bagian Pemasaran RSCM dr. Ananto Prasetya Hadi, meski RSCM belum secara resmi ditunjuk sebagai rujukan untuk COVID-19.

“Terima kasih kepada Tzu Chi yang sudah memberikan perlengkapan medis seperti APD dan masker karena pada saat ini kami tim medis memang sangat membutuhkan perlengkapan ini untuk melayani pasien yang datang mengalami gejala atau di duga terdampak COVID-19,” ungkap dr. Ananto dalam rilis yang diterima di Jakarta, Jumat.
Baca juga: Komunitas Singapura di Batam sumbang APD COVID-19
Baca juga: Dinkes Kalbar ajukan 5.400 APD kepada Kemenkes

Meski bukan RS rujukan pemerintah untuk kasus COVID-19, RSCM adalah pusat rujukan nasional. Pihak RSCM, kata dia, sudah menerima pasien suspek COVID-19 yang akhirnya akan dirujuk ke rumah sakit khusus yang ditentukan pemerintah.

Dalam kesempatan itu juga dr. Ananto berharap agar masyarakat mengikuti imbauan dari pemerintah untuk melakukan isolasi mandiri untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

Sebelumnya Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan para pengusaha di bawah Kamar Dagang Indonesia bersinergi menggalang dana untuk didonasikan kepada petugas medis yang tengah menghadapi COVID-19.

Selain itu yayasan itu juga sudah memberikan bantuan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, RSPAD Gatot Soebroto, RSUP Persahabatan dan RS St. Carolus.
Baca juga: Pemerintah diminta dorong pabrik APD gunakan bahan baku dalam negeri
Baca juga: PDEI minta pemerintah perhatikan alat proteksi tenaga medis

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020