Dalam kondisi pandemi COVID-19 Kemenhan akan terus berupaya untuk melakukan hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, salah satu cara yang kami pilih adalah dengan aksi donor darah
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertahanan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia DKI Jakarta mengadakan kegiatan Donor Darah dalam rangka Aksi Tanggap COVID-19, yang berlangsung di Aula Urip Sumohardjo, Kemenhan RI, Jakarta, Jumat.

Kepala Biro Humas Kemenhan Brigjen TNI Totok Sugiharto melalui pernyataan tertulis di Jakarta, menyebutkan kegiatan donor darah itu diperuntukkan bagi seluruh personel Kemenhan yang bersedia mendonorkan darahnya secara sukarela.

Dari kegiatan donor darah, kata dia nantinya akan disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan dalam transfusi darah bagi yang membutuhkannya, termasuk pasien yang mungkin dinyatakan positif COVID-19.

Kegiatan donor darah tersebut diikuti, antara lain Dirut SDM Kemhan Brigjen TNI Raden Cahya Komara, para prajurit dan aparatur sipil negara (ASN) Kemenhan, sedangkan tim dari PMI DKI Jakarta yang mengikuti kegiatan di antaranya Dokter Pipin, Dokter Firli dan Ibu Caca sebagai penanggung jawab tim.

Baca juga: Cegah COVID-19, kendaraan masuk Kemenhan disemprot disinfektan

"Dalam kondisi pandemi COVID-19 Kemenhan akan terus berupaya untuk melakukan hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, salah satu cara yang kami pilih adalah dengan aksi donor darah," ujar Totok, mengungkapkan latar belakang aksi donor darah tersebut.

Selain itu, Karo Humas Kemenhan juga menyebutkan bahwa dengan program pembatasan sosial yang sedang dilakukan maka ketersediaan darah bisa berpengaruh.

Melalui aksi donor darah Kemhan tersebut, Totok berharap bisa membantu PMI dalam rangka menjaga ketersediaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat.

Berbagai manfaat dapat diperoleh dari donor darah, terutama meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang sehingga sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang.

Baca juga: Raker Korpri TNI, Kemhan bahas kebutuhan dan kelengkapan personel

Dengan rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar dan melalui sirkulasi sel darah yang rutin diharapkan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk virus Corona.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020