Jakarta (ANTARA) - Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Pancasila (PP) menyiagakan relawan untuk membantu pemerintah menangani virus corona (COVID-19), setelah terbitnya surat instruksi dari Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila beberapa hari lalu.

Dalam Surat Instruksi 024.B1/MPN-PP/PP/III/2020 yang ditandatangani oleh Ketua Umum KPH H. Japto S. Soerjosoemarno SH dan Sekretaris Jenderal H. Arif Rahman SH yang ditujukan pada seluruh pengurus wilayah, cabang, anak cabang, ranting maupun kader dan anggota di seluruh Indonesia diminta untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga dalam aktivitas sehari-hari, memperkuat imun tubuh dengan mengkonsumsi vitamin.

Japto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan surat tersebut juga berisi instruksi bagi semua pengurus untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Pemuda Pancasila demi membantu Pemerintah Pusat/Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemerintah Daerah/Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di dalam rangka penyaluran logistik ke masyarakat baik yang bersifat khusus wilayah pandemi COVID-19 maupun operasi pangan kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Jakarta Selatan tunggu pemberitahuan resmi tes massal COVID-19
Baca juga: Wali Kota Jakarta Barat imbau warga tunda resepsi


"Instruksi lanjutan untuk menjaga kondusivitas kehidupan sosial masyarakat dengan selalu bergotongroyong saling bantu dan bekerjasama demi terlaksananya semua penanganan pandemi COVID-19 agar berjalan dengan baik," ujar Japto.

Langkah teknis dalam surat instruksi itu juga melakukan pendampingan dan advokasi serta sosialisasi terkait protokol hidup sehat dan tahapan "self isolation" (isolasi diri) di rumah untuk wilayah-wilayah pandemic agar masyarakat tidak tertular dan bisa menekan penyebaran/penularan virus.

Saat ini, MPN Pemuda Pancasila sudah menyurati BNPB dan Perum Bulog terkait instruksi yang dikeluarkan ini dan menunggu arahan dari dua lembaga tersebut untuk koordinasi selanjutnya.
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020