Serbuk disinfektan yang digunakan untuk penyemprotan setiap orang dan juga kendaraan sebagai tindakan preventif
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertahanan (Kemhan) mendistribusikan beberapa peralatan disinfektan kementerian/lembaga negara lainnya, seperti Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kementerian Keuangan, termasuk Bank Indonesia pada Jumat ini.

"Kemhan juga mendistribusikan peralatan disinfektan kepada satuan di lingkungan TNI, antara lain Rumah Sakit TNI AD Moh. Ridwan TMII, Rumah Sakit Marinir Cilandak, Rumah Sakit TNI AL Mintohardjo, dan Rumah Sakit TNI AU dr Esnawan Antariksa," kata Karo Humas Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto, di Jakarta, Jumat.
Baca juga: Masjid Istiqlal siapkan alat ukur suhu tubuh cegah COVID-19

Selain itu, Kemhan juga telah mendistribusikan peralatan disinfektan kepada Mabes TNI AD, Mabesal, dan Mabesau, BAIS, Puspom AU, Koopsau, Kementerian KKP, Kementerian KPPA, Istana Kepresidenan, Istana Wapres, Kementerian Koordinator PMK, Kodam jaya dan Kormar serta Kohanudnas.

"Peralatan yang didistribusikan antara lain berupa tenda/ruang pemeriksaan temperatur dan penyemprotan disinfektan beserta box set sprayer serta serbuk disinfektan yang digunakan untuk penyemprotan setiap orang dan juga kendaraan sebagai upaya tindakan preventif mencegah dan menekan penyebaran Covid-19," ujar Totok.
Baca juga: Tanggap COVID-19, Kemenhan gelar donor darah

Ia menjelaskan, sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan wabah Virus Corona (COVID-19) di Indonesia sebagai Bencana Nasional pada Sabtu (14/3), Kementerian Pertahanan terus melakukan upaya-upaya strategis dan praktis yang tidak pernah berhenti dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Upaya Kemhan tersebut dilakukan melalui langkah-langkah ekstra dan sinergi baik dengan satuan di lingkungan TNI maupun antarlembaga negara pemerintah melalui penyediaan peralatan disinfektan untuk mendukung pelaksanaan tindakan preventif pencegahan penyebaran COVID-19 tersebut.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020