Pemkab Bantul semprot disinfektan di Pasar Imogiri, cegah COVID-19

Pemkab Bantul semprot disinfektan di Pasar Imogiri, cegah COVID-19

Penyemprotan disinfektan di Pasar Imogiri Bantul, DIY sebagai upaya pencegahan COVID-19, Jumat (20/3/2020). ANTARA/Hery Sidik

kegiatan ini tidak berhenti di Pasar Imogiri, nanti kita akan lanjutkan ke lokasi lain dan fasilitas publik yang kita anggap penting dilakukan upaya pencegahan melalui penyemprotan disinfektan
Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan institusi terkait melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Imogiri sebagai upaya sterilisasi ruang publik untuk pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Pasar ini merupakan salah satu fasilitas publik, kemudian penyemprotan disinfektan ini dengan tujuan untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran virus corona," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bantul Ari Budi Nugroho usai penyemprotan disinfektan di Pasar Imogiri Bantul, Jumat.

Dia menjelaskan penyemprotan disinfektan di fasilitas publik itu dengan melibatkan personel dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Polair Polda DIY, dan pelaku usaha yang mendukung kegiatan tersebut.

Dia mengatakan Pasar Imogiri merupakan pasar tradisional besar di wilayah Bantul dengan jumlah pedagang sekitar 470 orang. Setiap hari pasar itu dikunjungi masyarakat antara 1.500 sampai 2.000 orang untuk belanja kebutuhan sehari-hari, sehingga perlu diberikan jaminan rasa aman dan nyaman.

"Jadi setiap hari di lokasi ini ada kerumunan 2.000 sampai 2.500 orang, dengan penyemprotan ini diharapkan selain menanggulangi COVID-19, juga menumbuhkan rasa aman, dan nyaman khususnya pedagang dan pengunjung pasar. Ini baru salah satunya di Pasar Imogiri," katanya.

Baca juga: PMI DIY siapkan personel bantu penyemprotan disinfektan di area publik

Dia meminta masyarakat dan pedagang pasar selalu menjaga kesehatan diri dan membersihkan lingkungan.

Oleh karena pasar itu milik pemerintah kabupaten, katanya, pemerintah bertanggung jawab melakukan pembersihan dan memberikan rasa aman.

"Dan kegiatan ini tidak berhenti di Pasar Imogiri, nanti kita akan lanjutkan ke lokasi lain dan fasilitas publik yang kita anggap penting dilakukan upaya pencegahan melalui penyemprotan disinfektan," katanya

Dia mengharapkan kerja sama dan sinergi dengan instansi terkait dalam hal penanggulangan virus asal China yang kini sudah menjadi pandemi global tersebut, terus terjalin dan ditingkatkan sehingga penyebarannya bisa ditekan atau dicegah di Bantul.

"Saya berharap kerja sama bisa berlanjut untuk keselamatan bersama dan harapan COVID-19 segera terlokalisir dan tidak menjadi wabah yang meluas khususnya di wilayah Bantul, sehingga masyarakat bisa lebih cepat lagi berusaha untuk menggeliatkan ekonomi," katanya.

Baca juga: Pemerintah Surabaya bagikan penyemprot disinfektan ke kelurahan
Baca juga: Pura di Jakarta Selatan disemprot disinfektan

Pewarta: Hery Sidik
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kepolisian Kalteng dukung penguatan penanganan COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar