Semua pasar tradisional kami jamin akan tetap beroperasi seperti biasa, yang penting warga yang hendak belanja untuk cuci tangan sebelum masuk pasar, sudah kami sediakan di pintu masuk
Kediri (ANTARA) - Manajemen Pasar Daerah Joyoboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, melengkapi fasilitas di pasar dengan tempat cuci tangan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Virus Corona baru atau COVID-19 di Indonesia.

"Semua pasar tradisional kami jamin akan tetap beroperasi seperti biasa, yang penting warga yang hendak belanja untuk cuci tangan sebelum masuk pasar, sudah kami sediakan di pintu masuk," kata Direktur Utama PD Pasar Joyoboyo Kediri Ichwan Yusuf di Kediri, Sabtu.

Ia meminta agar warga tidak perlu khawatir untuk membeli kebutuhan pokok, karena aktivitas di pasar masih berlangsung seperti hari biasa. Pasokan bahan pokok di pasar hingga kini juga masih banyak tersedia, sehingga masih aman.

Ia juga mengimbau agar warga Kota Kediri tidak perlu panik dengan beredarnya sejumlah isu yang menyebut pada pekan depan aktivitas pasar akan ditutup. Dirinya juga menenangkan agar warga tidak melakukan aksi borong bahan pokok.

"Semua pasar yang kami kelola sudah menerapkan standar protokol penanganan COVID-19. Untuk pasar yang dilaporkan masih belum ada fasilitas cuci tangan, itu masih di bawah kecamatan, contohnya di Pasar Bence (Pasar Ngronggo) Kediri. Namun, kami akan koordinasi dengan pihak terkait," kata dia.

Baca juga: Cuci tangan efektif cegah Covid-19

Sementara itu, aktivitas warga baik pembeli maupun penjual di Pasar Pahing, Kota Kediri masih berlangsung seperti hari biasa. Warga juga berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti di hari biasanya.

Di pintu masuk pasar sudah diberikan baliho pengumuman tentang Virus Corona serta mengantisipasinya. Warga dianjurkan untuk selalu cuci tangan dengan benar, guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

Pemkot Kediri juga sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di pasar yang ada di Kota Kediri. Seluruh lokasi disemprot dengan cairan tersebut. Beberapa pasar yang besar antara lain Pasar Bandar, Pasar Setonobetek, dan Pasar Pahing, Kota Kediri.

Baca juga: Pakar: Jangan berlebihan cuci tangan pakai disinfektan

 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020