KAI Cirebon terapkan jaga jarak sosial di stasiun

KAI Cirebon terapkan jaga jarak sosial di stasiun

Pengguna jasa saat mengantre di loket tiket Stasiun Cirebon. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 3 Cirebon, Jawa Barat, menerapkan "social distancing" di lingkungan stasiun untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19. (ANTARA/Ho Humas KAI Daop 3 Cirebon).

kita laksanakan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di area publik stasiun
Cirebon (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 3 Cirebon, Jawa Barat, menerapkan social distancing atau jaga jarak sosial di lingkungan stasiun untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Social distancing kita laksanakan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di area publik stasiun," kata Manajer Humas Daop 3 Cirebon Luqman Arif di Cirebon, Sabtu.

Baca juga: PT KAI perketat jaga jarak sosial di stasiun

Menurut dia, jaga jarak sosial merupakan konsep mengatur jarak minimal satu meter antarorang di area pelayanan publik dengan menempelkan stiker panduan jarak.

Penempelan stiker tersebut, dilakukan di area pelayanan loket dan area boarding pass stasiun dengan memberikan garis marka untuk mengatur jarak para penumpang.

Baca juga: Pembatalan perjalanan KA Daop Semarang meningkat akibat wabah COVID-19

"Social distancing kami laksanakan di stasiun-stasiun keberangkatan penumpang di wilayah Daop 3 Cirebon, di antaranya Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Brebes, Jatibarang dan Haurgeulis," ujarnya.

Untuk itu KAI Daop 3 Cirebon menyampaikan permohonan maaf kepada para penumpang maupun calon penumpang KA atas ketidaknyamanan itu. 

Pihaknya meminta para pengguna jasa disiplin mengikuti program yang dilaksanakan.

Baca juga: KAI kembalikan bea tiket pembatalan 100 persen selama darurat Corona

"Ini agar dapat meminimalkan potensi penularan virus corona dan menjaga kenyamanan publik di tengah kondisi pandemi seperti ini," katanya.

Selain menerapkan jaga jarak sosial, KAI Daop 3 Cirebon juga telah melakukan upaya lainnya untuk mencegah penyebaran virus corona di lingkungan stasiun.

Seperti menyediakan hand sanitizer di titik keramaian stasiun, penyemprotan cairan disinfektan di rangkaian KA dan lingkungan stasiun tiap harinya dan pemeriksaan suhu tubuh calon penumpang.

Baca juga: KAI Palembang semprot gerbong kereta dengan cairan disinfektan

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kantor pos salurkan dana BST di Pekanbaru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar