Cegah COVID-19, Kepala daerah dari PDIP diminta relokasi APBD

Cegah COVID-19, Kepala daerah dari PDIP diminta relokasi APBD

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (ANTARA/HO-PDI Perjuangan)

Jakarta (ANTARA) - DPP PDI Perjuangan meminta kepada kepala daerah dari partai besutan Megawati Soekarnoputri itu untuk merelokasikan anggaran APBD guna membantu mencegah penyebaran virus Corona jenis baru, COVID-19.

"Partai meminta seluruh pimpinan dewan dan kepala daerah atau wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan agar mendorong realokasi APBD untuk pencegahan COVID-19, termasuk jejaring pengamanan sosial bagi rakyat yang selama ini berpenghasilan harian," kata Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Asosiasi distribusi 13.500 multivitamin ke panti asuhan cegah COVID-19

Baca juga: Pemerintah siapkan 12 juta masker untuk rumah sakit di Indonesia

Baca juga: Hadapi COVID-19, Wilmar dukung ketersediaan minyak goreng


Hasto mengatakan, partainya juga meminta seluruh kader partai di struktural, eksekutif dan legislatif untuk terus menggerakkan gotong royong nasional dengan melayani rakyat, khususnya terhadap kebutuhan hand sanitizer, masker, dan alat cek temperatur tubuh.

"Partai menjalankan komitmen kemanusiaan untuk rakyat. Sosialisasi dengan brosur COVID-19 sebanyak 3 juta yang dicetak langsung oleh Ketua Umum Partai, Ibu Megawati Soekarnoputri," katanya.

Partainya, kata Hasto, juga memfasilitasi dengan pemberian jamu tradisional, telur dan sosialisasi COVID-19.

"Dapur umum juga dipersiapkan untuk membantu rakyat kecil yang selama ini mendapatkan upah harian," katanya.

Hasto mengatakan, partainya bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat dan membantu menciptakan suasana agar rakyat tidak panik, dan pemerintah terus melakukan tindakan pencegahan termasuk bekerjasama dengan negara lain.

Selain itu, tambah Hasto, partainya juga menugaskan Tri Rismaharini secara khusus untuk mengoordinasikan pergerakan kepala daerah PDIP.

"Ibu Mega juga terus memimpin gotong royong nasional tiga pilar Partai tersebut secara langsung, termasuk bagaimana Menseskab, Pramono Anung juga mendapat tugas agar terus mendorong pemerintah untuk memberikan dukungan penuh bagi para dokter, perawat dan seluruh tim medis yang benar-benar berdedikasi mengobati penderita COVID-19," jelas Hasto.

Menurut dia, apa yang terjadi saat ini juga mengajarkan betapa pentingnya membangun semangat berdikari, khususnya dalam kesehatan.

"Kesehatan masyarakat sangatlah penting. Seluruh kepala daerah Partai wajib melakukan penyemprotan disinfektan, menyediakan jamu sehat, vitamin dan jaringan pengaman sosial, serta memerkuat seluruh tim medis untuk membantu rakyat," ucapnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wahyu Setiawan didakwa terima suap Rp600 juta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar