Kajama dan BNPB semprot disinfektan dengan mobil damkar

Kajama dan BNPB semprot disinfektan dengan mobil damkar

Mobil damkar "pump and roll" yang beroperasi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

keenam mobil damkar yang beroperasi siang ini adalah mobil rakitan lokal
Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pihak swasta PT Karya Jaya Mandiri (Kajama) menurunkan sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk menyemprotkan disinfektan di kawasan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu.

Menurut Product Consultant & Marketing PT Kajama, Rukmana, langkah ini merupakan upaya sukarela dari pihaknya untuk membantu membersihkan Wisma Atlet Kemayoran yang nantinya akan difungsikan sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19.

"Ini adalah panggilan kemanusiaan, karena bagi kami ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, melainkan kita semua. Kami selaku pihak swasta juga ingin memberikan kontribusi bagi upaya penanganan  virus corona ini," kata Rukmana kepada ANTARA.

Lebih lanjut, keenam mobil damkar yang beroperasi siang ini adalah mobil rakitan lokal yang dijuluki "pump and roll", yang dapat menyemprotkan cairan seraya mobil berjalan.

Baca juga: Sepuluh jalan protokol Jaktim disemprot disinfektan

Baca juga: Penyemprotan disinfektan di Jakarta Timur diperluas

Baca juga: 700 orang dikerahkan kebut RS Darurat COVID-19, tim medis mulai masuk


"Tidak semua mobil damkar memiliki (fitur) seperti ini, yang memungkinkan kita menyemprot sambil mobil itu berjalan, dan dilengkapi dengan penyemprot yang diharapkan bisa membantu penyemprotan (disinfektan) dengan cepat," kata dia.

Sebelumnya, 36 petugas dari PMI Jakarta Pusat terlihat tengah menyemprotkan disinfektan di dua menara di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu siang.

Hal ini sesuai dengan langkah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan menyiapkan empat menara di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang akan digunakan sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19.

Kementerian PUPR menyebutkan dari 10 menara, disiapkan empat menara yaitu menara 1, 3, 6, dan 7 yang semuanya berada di Blok D10 sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19.

 
Sejumlah relawan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membawa tulisan "Kami Tetap Bekerja Untuk Kalian, Kalian Tetap di Rumah Untuk Kami" di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). Kegiatan tersebut sebagai imbauan bagi masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Damkar sterilisasi jalan protokol dengan disinfektan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar