Jakarta (ANTARA) - WhatsApp mengumumkan kemitraan mereka dengan World Health Organization (WHO) untuk menyediakan layanan Health Alert, informasi seputar virus corona.

"Seiring dengan penyebaran pandemi virus corona, orang-orang di seluruh dunia mencari informasi yang resmi, terpercaya sekaligus meminta saran ke WHO," kata WhatsApp dalam laman resmi mereka.

Layanan WHO Health Alert menggunakan chatbot untuk memberikan informasi terbaru soal virus corona, mirip dengan COVID19.GO.ID dari pemerintah Indonesia.

Untuk berinteraksi dengan WHO, pengguna cukup mengetik "Hi" untuk pertama kali, chatbot Health Alert akan membalas dengan bagaimana cara untuk mendapatkan informasi terkini soal COVID-19.

WHO memilih emoji seperti tanda jempol untuk kata kunci meminta informasi bagaimana melindungi diri dari virus corona.

Menurut WhatsApp, akun WHO Health Alert akan beroperasi selama 24 jam penuh memberikan informasi resmi kepada seluruh pengguna WhatsApp di berbagai belahan dunia.

"Layanan ini juga untuk pengambil keputusan pemerintahan dengan memberikan laporan jumlah dan situasi terbaru," kata WhatsApp.

Jika ingin tersambung dengan akun WHO Health Alert, kunjungi laman Pusat Informasi WhatsApp untuk virus corona, kemudian klik tautan WHO di laman utama.

WhatsApp juga membagikan tautan langsung ke akun WHO Health Alert melalui akun Twitter resmi @WhatsApp.
 
WHO merupakan lembaga terkini yang bekerja sama dengan WhatsApp untuk memberikan informasi terpercaya seputar perkembangan virus corona.

Sebelumnya, WhatsApp sudah bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, pemerintah Singapura, Kementerian Kesehatan Israel dan Departemen Kesehatan Afrika Selatan.

WhatsApp juga menyediakan Pusat Informasi terkait pandemi COVID-19, berisi informasi sederhana untuk berbagai profesi yang mengandalkan platform tersebut untuk berkomunikasi, tentang bagaimana melindungi diri dan menyikapi situasi pandemi.


Baca juga: Chatbot WhatsApp COVID-19 sudah aktif, ini nomornya

Baca juga: Mau verifikasi berita? Tanya ke Chatbot Anti Hoaks

Baca juga: Bikin chatbot kini bisa tanpa coding

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020